Dana Desa 2024, Ratusan Miliar Telah Disalurkan ke 60 Desa di Bangka Barat 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi. 

MENTOK, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyalurkan ratusan miliar rupiah dana desa tahun 2024.

Ratusan miliar dana desa tersebut, dialokasikan pemerintah daerah untuk mendukung berbagai program pembangunan di 60 desa se-Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Dinsos PMD Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi mengatakan ratusan miliar dana desa tersebut, bersumber dari pemerintah pusat dan kabupaten.

“Dana desa (DD) yang bersumber dari pemerintah pusat sebesar Rp 54.949.321.000. Kemudian, bersumber dari Kabupaten yang di sebut dana alokasi dana desa (ADD) berjumlah Rp 58.700.226.800,” ucapnya, Rabu (22/10/2024).

Dengan total keseluruhan dana yang disalurkan mencapai Rp 113.649.457.800.

Menurut Nursyandi, dana tersebut telah 100 persen disalurkan ke setiap desa se-Bangka Barat.

“Semuanya ini sudah 100 persen kita alokasi ke 60 desa, tinggal kita menunggu penyerapan dan pelaporan dari masing-masing desa,” katanya.

Nursyandi mengatakan, penyaluran dana desa ini bertujuan untuk penanganan kemiskinan ekstrem, penanggulangan stunting dan program ketahanan pangan serta biaya operasional desa.

“Setiap desa menerima bantuan sekitar 2 miliar lebih. Diharapkan dapat digunakan semaksimal mungkin untuk menanggulangi permasalahan yang ada di masing-masing desa itu,” katanya. (oka)