Leo Lendra Resmi Jabat Kepala BPKP Babel, Pj Sugito: Diharapkan Berikan Kontribusi yang Baik untuk Pembangunan di Babel

Pj Gubernur Babel Sugito saat melantik Leo Lendra menjabat sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Babel, yang berlangsung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (10/10/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sugito resmi melantik Leo Lendra menjabat sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (10/10/2024).

“Dilantiknya Leo Lendra sebagai Kepala BPKP ini diharapkan dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan semua mitra atau stakeholders di Babel,” kata Pj Gubernur Babel dalam sambutannya.

Menurut Sugito, peran BPKP sangatlah strategis untuk bisa mengawal bagaimana bisa melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik, tentu dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

“Diharapkan juga peran BPKP dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang besar sehingga dapat berdampak luas bagi peningkatan kualitas pembangunan di Babel,” ujarnya.

Sugito menyebutkan, saat ini Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota memang sedang melakukan upaya-upaya efisiensi dalam mengoptimalkan potensi sumber daya di tengah keterbatasan yang di miliki seperti keterbatasan anggaran dan kemampuan sumber daya manusia, namun tetap menargetkan bagaimana secara bersama semua bisa bangkit kembali.

“Kami sangat berharap dari pihak BPKP dapat bersama-sama dengan pemerintah provinsi, maupun Pemda dalam menyehatkan keadaan saat ini dengan berbagai upaya seperti menghasilkan sumber-sumber keuangan yang bisa meningkatkan pendapatan asli daerah,” harap Sugito.

Dia menambahkan, salah satu upaya yang harus di lakukan misalnya melakukan perubahan anggaran dan menyesuaikannya kembali dengan potensi yang ada.

“Di sisi lain, kita juga melakukan skala prioritas, apa yang harus kita lakukan agar dana yang digunakan semakin efektif dan efisien untuk menunjang dari berbagai kegiatan yang menjadi prioritas untuk masyarakat,” jelasnya.

“Kami sangat mengharapkan sinergi dari kita semua, saya yakin BPKP punya instrumen untuk itu dan bisa memberikan jurus jitu dalam menghadapi persoalan yang sedang kita hadapi di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Bangka Belitung,” tutup Sugito.

Kegiatan pengukuhan ini turut dihadiri Forkopimda , Pj Sekda Babel, Pj Bupati Bangka, Pj Bupati Belitung beserta undangan terkait lainnya. (chu)