Kunjungi Polres Bangka, Puslitbang Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Publik

SUNGAILIAT, LASPELA – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di wilayah Polres Bangka, Selasa (23/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol Aziz Saputra disambut langsung oleh Waka Polres Bangka Kompol Robby Ansyari dan PJU Polres Bangka.

Waka Polres Bangka, Kompol Robby Ansyari mengatakan penelitian yang dilakukkan oleh Puslitbang Polri ini menitikberatkan kepada pelayanan satuan fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta.

Dimana maksud dan tujuan penelitian dari pusat langsung ke daerah adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi serta masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

“Diharapkan dalam penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal, rill, fakta, dan akurat dari informasi yang diberikan oleh masyarakat secara langsung,” kata Kompol Robby Ansyari.

Adapun penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data dari peserta yang mengisi kuesioner terkait dengan tugas-tugas Kepolisian, khususnya di bidang pelayanan Polres Bangka. Kuesioner ini juga akan dijadikan barometer untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan.

“Dengan adanya kegiatan ini, para personel dapat melayani masyarakat dengan maksimal dan dapat meminimalisir akan terjadinya pengaduan masyarakat (Dumas). Sehingga diharapkan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” ucapnya.

Dalam kegiatan juga digelar Forum Grup Discussion (FGD), dengan peserta  dari eksternal. Baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM/ komunitas, perangkat desa, dan instansi pemerintah serta pelajar. (mah)