Gaess.. Simak Tips Honda Babel, Lewati Jalan Blackspot Jadi Lebih Aman

PANGKALPINANG, LASPELA — Jalan Blackspot merupakan area rawan kecelakaan, sering kali disebabkan oleh kondisi jalan yang berbahaya atau lalu lintas yang padat. Bagi pengendara sepeda motor, melewati daerah ini memerlukan kewaspadaan ekstra dan teknik berkendara yang tepat.

Hariyansah selaku Instruktur Safety Riding Honda Babel membagikan beberapa tips aman untuk melewati jalan blackspot dengan lebih baik. Hariyansha menekankan untuk mengurangi kecepatan saat memasuki area blackspot.

“Kecepatan adalah faktor penting di area yang rawan kecelakaan. Dengan mengurangi kecepatan, pengendara dapat lebih mudah bereaksi jika ada kendaraan lain yang tiba-tiba muncul atau kondisi jalan yang tidak terduga” jelasnya.

Kecepatan tinggi hanya akan meningkatkan risiko kecelakaan di area berbahaya. Pengendara juga disarankan untuk menjaga jarak aman dengan kendaran di depannya. “Jangan terlalu dekat dengan kendara lain, terutama di jalan blackspot. Jarak aman memberi kita waktu lebih untuk bereaksi jika terjadi pengereman mendadak dan perubahan situasi” tambahnya. Jarak yang cukup membantu menghindari tabrakan atau insiden lainnya.

Pentingnya untuk selalu memanfaatkan lampu kendaraan dengan baik, terutama saat melewati jalan blackspot di malam hari. “Pastikan lampu depan dan belakang motor berfungsi dengan baik, dan nyalakan lampu sein saat berbelok. Penerangan memadai membantu pengendara lain melihat kita di jalan rawan”ujarnya. Ini juga dapat mempermudah pengendara melihat kondisi jalan, seperti lubang dan rintangan.

Hariyansha juga mengingatkan untuk tetap tenang dan tidak terburu-buru saat melewati area blackspot. “Rasa panik sering kali membuat pengendara melakukan manuver berbahaya, tetap tenang dan fokus akan membantu kita membuat keputusan yang lebih baik”. jelasnya. Berkendara dengan tenang adalah kunci untuk menghindari kecelakaan.

Waspada terhadap kondisi sekitar, Hariyansha menghimbau untuk selalu waspada terhadap kondisi sekitar. “Perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan kondisi jalan. Jika ada tanda peringatan bahwa area tersebut adalah blackspot, tingkatkan kewaspadaan dan siap untuk mengantisipasi situasi berbahaya,” tutupnya.

Dengan menerapkan tips ini, pengendara dapat melewati jalan blackspot dengan lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan.(ril/chu)