PT PLN Babel Ajak Awak Media Menilik Gardu Induk Dukong di Pulau Belitung

Peserta media gathering berfoto bersama di GI Dukong Pulau Belitung, Jumat (18/10/2024)

BELITUNG, LASPELA – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) mengajak media massa di Babel untuk melihat lebih dekat Gardu Induk (GI) Dukong di Pulau Belitung, dalam kegiatan media gathering, 18-19 Oktober 2024.

GI Dukong di Belitung ini berkapasitas Trafo 2×30 MVA 60 MVA dengan rata-rata beban 27 MW ini diikuti sebanyak 21 peserta dari berbagai media baik online, cetak, maupun radio.

Manager Aset Properti, Komunikasi dan Umum (APKU) PLN UIW Babel, Zulkarnain mengatakan pentingnya sinergi PLN dengan media, karena media mempunyai peran penting dalam mempublikasikan serta mensosialisikan berbagai informasi terkait proses bisnis yang dijalankan PLN.

“Saya mengapresiasi peran media yang sudah mendukung kelancaran proses bisnis dan program-program PLN, khususnya dalam hal publikasi berbagai informasi yang benar terkait layanan kelistrikan kepada masyarakat, sehingga peran media sebagai sarana mencerdaskan masyarakat pun dapat tercapai,” ujarnya, Jumat (18/10/2024).

Zulkarnain berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkala sehingga hubungan silahturahmi dan sinergitas PLN dan media dapat terus terjalin dan meningkat dari waktu ke waktu.

“Saya berharap gathering ini menjadi agenda rutin kita setiap tahun,” ucapnya.

“Peran media sangat penting terutama dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan PLN, program PLN yang selama ini sudah berjalan ke masyarakat,” tutup Zulkarnain.

Untuk diketahui GI Dukong memiliki beban 27 MW dengan sistem 70 KV Radial dengan aliran penyaluran energi dari GI Suge ke GI Dukong ke GI Manggar dengan total beban daya transfer dari GI Suge sebesar 40 MW.

Panjang jaringan transmisi 180,48 kms dua sirkit dengan rincian SUTT Suge-Dukong sepanjang 40,48 kms (83 tower) dan SUTT Dukong- Manggar sepanjang 140 kms (386 tower). Adapun kondisi tiga gardu induk di Belitung dengan total kapasitas trafo 180 MVA dalam kondisi normal untuk melayani pelanggan. Gardu GI Dukong memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan tinggi ke tekanan rendah. (chu)