Nasdem Jadi yang Tertinggal Miliki Pimpinan Definitif DRPD Babel

Foto : Logo Partai Nasdem/net

PANGKALPINANG, LASPELA — Sekretariat DPRD Bangka Belitung (Babel) kembali menyampaikan usulan satu nama pimpinan DPRD definitif, lewat sidang paripurna pada Rabu (16/10/2024). Sesuai ketetapan partai, Nasdem mempercayakan kursi Wakil Ketua DPRD Babel untuk Edi Nasapta.

Usulan pimpinan definitif dari Nasdem ini menyusul tiga nama pimpinan yang disampaikan terlebih dahulu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketiga pimpinan itu, Didit Srigusjaya dari PDI Perjuangan untuk posisi ketua, Edy Iskandar dari Partai Golkar untuk wakil ketua dan Beliadi dari Partai Gerindra untuk posisi wakil ketua.

Bahkan usulan tiga pimpinan itu sudah berproses di Kemendagri dan dijadwalkan untuk dilantik pada 24 Oktober 2024. Dengan demikian dipastikan Nasdem menjadi yang tertinggal memiliki pimpinan definitif lantaran telat menyampaikan usulan tersebut.

“Enggak bisa bersamaan karena usulan 3 pimpinan (sebelumnya) sudah berproses oleh Mendagri dan jdwalkan pelantikannya tanggal 24 Oktober,” jelas Plt Sekretaris DPRD Babel, Dedy Apriandi, Kamis (17/10/2024).

Sedangkan usulan pimpinan dari Fraksi Nasdem baru akan diajukan oleh Penjabat Gubernur melalui Biro Pemerintahan Setda Babel ke Kemendagri setelah berkas persyaratannya sudah dinyatakan lengkap.

Kebut pelantikan pimpinan definitif ini, menurut Dedy, guna mengejar agenda lainnya seperti pemilihan alat kelengkapan dewan (AKD) hingga pembahasan anggaran tahun 2025 untuk dibahas sesegera mungkin. “Karena kalau (pimpinan definitif) tidak dilantik, AKD ini tidak akan bisa berjalan. Dan yang paling urgent adalah pembahasan APBD 2025,” kata Dedy.(**/mja)