Dermaga Kapal Cepat di Tanjung Kalian Mentok Ambruk, Polisi Duga Cuaca Buruk Penyebabnya

Dermaga Kapal Cepat di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Ambruk. Foto : Istimewa.

MENTOK, LASPELA- Dermaga sandar kapal cepat yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ambruk.

Terlihat tiang penyangga dermaga rusak parah. Sedangkan ada satu unit kapal operasional milik KSOP Kelas IV Mentok yang hampir tertimpa reruntuhan dermaga.

Kasat Polairud Polres Bangka Barat, Iptu Yudi Lasmono mengatakan ambruknya dermaga kapal cepat tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 00.56 WIB.

“Kita dapat laporan kejadian hampir jam 1 malam dinihari. Kita langsung kerahkan anggota untuk melakukan pengecekan ke lokasi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Yudi Lasmono mengatakan, untuk penyebab ambruknya dermaga kapal cepat ini diduga kuat karena faktor cuaca buruk.

“Untuk sementara dugaan ambruknya itu karena cuaca buruk. Karena memang cuaca buruk sejak malam tadi melanda perairan Tanjung Kalian dan sekitarnya,” katanya.

Sementara, salah seorang warga setempat Rudi mengatakan kondisi dermaga sebelumnya sudah memprihatinkan.

“Memang sudah rusak bang, lah bocor sebelah kanan. Mungkin nih lah waktunya dia roboh. Karena beberapa bulan kemarin sempat miring,” katanya.

Diketahui dermaga yang ambruk ini biasanya digunakan untuk melayani penyebrangan kapal cepat dengan rute Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok-Pelabuhan Bom Baru Palembang, Sumatera Selatan.(oka)