Tim Puslitbang Mabes Polri Kunjungi Polres Bangka, Fokuskan Penelitian Beberapa Bidang 

Tim Puslitbang Polri saat mengunjungi Mapolres Bangka, Rabu (16/10/2024).

SUNGAILIAT, LASPELA — Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengunjungi Mapolres Bangka, Rabu (16/10/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan penelitian dengan tema “Meningkatkan Kepercayaan Publik dan Penguatan Peran Polri dalam Pengejaran Buronan Beserta Hasil Kejahatan”.

Ketua Tim Puslitbang Polri, Kombes Pol Saefuddin Mohamad mengatakan, penelitian ini dilakukan untuk mendukung program Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) serta bertujuan untuk menganalisis serta mendapatkan data, fakta dan masukan dari masyarakat terkait tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Polri.

Penelitian difokuskan pada pelayanan bidang Reskrim,Sat Narkoba, Sat Intelkam, Sat Lantas, Sat Samapta,Sat Polair, Sat Binmas dan perwakilan Kapolsek.

Selama kunjungan, tim Puslitbang Polri melakukan beberapa kegiatan termasuk wawancara dengan masyarakat dan personel Polri, serta diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion) bersama para pejabat utama Polres Bangka, Kepala Kantor Imigrasi , BNNK, Kepala desa, Ormas, Organisasi Mahasiswa, Kepala RT/Rw, Organda, Media Massa, Instansi pemerintah.

“Tujuannya adalah mendapatkan data objektif yang dapat dijadikan rekomendasi bagi pimpinan Polri dalam memperbaiki layanan dan meningkatkan profesionalisme Polri di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bangka, AKBP Toni Sarjaka berharap hasil penelitian ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat terkait peningkatan pelayanan publik.

“Alhamdulillah, situasi Kamtibmas di Kabupaten Bangka saat ini kondusif. Kami berharap penelitian ini dapat memperkuat peran Polri dalam pengejaran buronan dan menjaga keamanan wilayah,” tukasnya. (mah)