PT Timah Buka Ruang Bagi Pelajar Magang di Perusahaan

BANGKA BARAT, LASPELA — Salah satu bentuk komitmen PT Timah dalam mendukung dunia pendidikan ialah dengan pengembangan sumber daya manusia, PT Timah juga memberikan kesempatan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk magang. Program magang ini merupakan bagian dari upaya PT Timah untuk membantu generasi muda mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan industri.

Kali ini, PT Timah kembali memfasilitasi pelajar dari SMKN 1 Mentok untuk magang di Perusahaan. Sebelum magang, para siswa kelas XII di Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) mendapatkan pembekalan magang. Sub Division Head Processing & Refinery PT Timah Kopdi Saragih menjadi memberikan paparan tentang proses magang di PT Timah, pada Selasa (15/10/2024).

Kepala SMKN 1 Mentok Sriyanto mengatakan, pembekalan dilaksanakan agar siswa mengetahui aturan yang harus dilaksanakan sebelum siswa magang di PT Timah. SMKN 1 Mentok telah lama menjalin kerja sama dengan PT Timah untuk mendukung program magang yang merupakan bagian dari pembelajaran sekolah.

“Para siswa kita dari jurusan teknik elektronika industri dan Kimia Industri melaksanakan kegiatan PKL. Sebelum anak-anak terjun langsung ke dunia industri, khususnya ke PT Timah pada tanggal 20 nanti, kita ingin mereka mendapatkan gambaran tentang proses magang,” katanya, lewat siaran pers yang diterima Media Satya Laspela.

Dengan adanya pembekalan ini diharapkan para pelajar dapat mengetahui tata kerja dan aturan yang harus ditaati saat magang di PT Timah karena berbeda dengan dunia sekolah. “Ini bukan kali pertama SMK Negeri 1 Mentok menjalin kerja sama dengan PT Timah, sudah sering. Salah satu jurusan kita jurusan teknik kimia industri itu diinisiasi sendiri oleh PT Timah,” katanya.

Kolaborasi PT Timah dengan sekolah mereka sudah berlangsung lama, seperti memfasilitasi perpisahan sekolah, melibatkan para pelajar dalam kegiatan lingkungan seperti penanaman mangrove.

Salah satu siswa, Tasya mengatakan, dengan adanya pembekalan ini memberikan pembelajaran dan manfaat bagi mereka sebelum melakukan magang. “Sangat bermanfaat pembekalan ini, kita mengenal lebih dulu tentang PT Timah melalui paparan yang disampaikan narasumber. Semoga nanti saat magang lebih mempermudah kita belajar,” katanya.

Senada, Zacki Anugrah siswa kelas XII menyebutkan, setelah mendengarkan materi yang disampaikan dirinya tertarik menjadi karyawan PT Timah. “Setelah mendengarkan pembekalan tadi, cepat magang di PT Timah, biar bisa diterima menjadi karyawan PT Timah,”harapnya.(**)

Sumber : www.timah.com