banner 728x90

Berikan Pemaham HAM kepada Pegawai, Dishub Babel Gandeng Lembaga Analisis HAM

Dishub Babel lakukan audiensi dengan Lembaga Analisis Hak Asasi Manusia (HAM) Babel beberapa waktu lalu di Kantor Dishub Babel. (Foto: ist)
banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) terus melakukan upaya dalam pelayanan publik yang menjadi tugas pokok di Dinas Perhubungan.

“Untuk mewujudkan itu semua kita menggandeng Lembaga Analisis Hak Asasi Manusia (HAM) Bangka Belitung dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pegawai mengenai penerapan prinsip-prinsip HAM,” kata Sekretaris Dishub Babel Yusron, di Pangkalpinang, Rabu (16/10/2024).

banner 325x300

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja menggandeng Lembaga Analisis Hak Asasi Manusia (HAM) Bangka Belitung karena pemahaman HAM sangat penting bagi para pegawai agar dalam menjalankan tugasnya, mereka tetap memperhatikan hak-hak masyarakat, terutama dalam memberikan pelayanan transportasi yang adil, aman, dan merata.

“Kami berharap setiap pegawai dapat lebih memahami pentingnya penerapan HAM dalam pekerjaan sehari-hari, sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik,” ujarnya.

Ditambahkannya, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan badan publik yang memberikan pelayanan yang fokus utama kepada masyarakat di bidang transportasi.

“Dinas Perhubungan memiliki kaitan langsung terhadap HAM, karena berkaitan dengan layanan publik, bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat luas, dan menjadi fokus utama dalam memberikan pelayanan,” jelas Yusron.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Angkutan Pelayaran Dishub Babel, Nadirsyah mengatakan Dishub Babel memiliki tugas pokok dan fungsi di bidang transportasi darat, laut dan udara, dan program dan regulasi yang dikeluarkan harus mengacu kepada Hak Azazi Manusia (HAM).

“Setiap program dan kegiatan kami harus mengacu kepada HAM misalnya transportasi laut yaitu di kapal dimana di kapal harus aman, nyaman dan menyenangkan yang artinya selalu memperhatikan Hak Azazi Manusia begitu juga transportasi darat dan udara,” ungkap Nadirsyah.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DWP) Lembaga Analisis HAM Bangka Belitung Zainudin menambahkan, pihaknya memberikan pemahaman kepada Dishub Babel melalui audiensi beberapa waktu lalu, terkait hak asasi manusia dan bagaimana penerapannya di sektor perhubungan.

“Diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan Dishub Babel ke depannya, dengan selalu menjunjung tinggi prinsip-prinsip HAM dalam setiap kebijakan dan keputusan yang diambil,” tutupnya. (chu)

 

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version