banner 728x90

Hasil Evaluasi Kemendagri terhadap Perubahan APBD 2024, DPRD Babel Rekomendasi Beberapa Usulan

Wakil Ketua Sementara DPRD Babel Eddy Iskandar di Pangkalpinang, Selasa (15/10/2024)
banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

PANGKALPINANG, LASPELA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemprov Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi membahas evaluasi Kementerian Dalam Negeri mengenai perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024.

Rapat yang digelar secara tertutup tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Sementara DPRD Babel Eddy Iskandar, dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Babel dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta anggota DPRD Babel.

banner 325x300

Dalam rapat tersebut selain membahas evaluasi Kementerian Dalam Negeri mengenai perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024, juga membahas penyesuaian Peraturan Gubernur terkait penjabaran perubahan APBD 2024.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketaut DPRD Babel Eddy Iskandar mengatakan  hasil dari rapat tersebut bahwa terdapat beberapa rekomendasi penting dari hasil evaluasi Kemendagri terhadap perubahan APBD 2024.

“Ada sejumlah isu yang ada, terutama terkait anggaran untuk belanja pegawai, gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang belum teralokasikan di salah satu OPD, serta tunjangan kesehatan pegawai yang masih kurang,” kata Eddy kepada awak media, Selasa (15/10/2024)

Eddy mengungkapkan, total kebutuhan anggaran mencapai sekitar hampir Rp3 miliar. Dana ini diperlukan untuk menutupi beberapa kekurangan dalam belanja wajib, termasuk peningkatan alokasi anggaran inspektorat yang belum memenuhi persentase yang ditentukan dari total APBD.

Selain itu, kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) perlu ditingkatkan melalui program-program pelatihan yang dilaksanakan oleh BKPSDM.

“Belanja inspektorat dan peningkatan kapasitas ASN harus mencakup persentase tertentu dari total nilai APBD, sesuai standar yang berlaku,” tegasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan anggaran tersebut adapun langkah-langkah penghematan dilakukan dengan memangkas kegiatan yang dianggap tidak mendesak atau tidak penting.

“Kami akan menyesuaikan anggaran perjalanan dinas, termasuk perjalanan dinas DPRD, untuk memastikan anggaran pokok tercukupi. Bahkan, selama sebulan ini, anggota DPRD akan meminimalisir perjalanan dinas dan lebih banyak berkegiatan di kantor,” ujarnya.

Dia menambahkan, salah satu prioritas yang ditekankan adalah pengisian jabatan kepala dinas yang kosong. Saat ini, ada 12 posisi kepala dinas dan beberapa jabatan eselon lain yang belum terisi. Kekosongan jabatan ini dinilai dapat menghambat kinerja pemerintah, sehingga perlu diatasi segera dan harus pencarian penggantinya.

“Tidak boleh lagi ada Penjabat Pelaksana Tugas (PLT) yang berkepanjangan dan bolak balik menjabat. Semua posisi harus segera terisi agar kinerja pemerintahan tidak terganggu atau timpang,” tutupnya. (chu)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version