Muridnya Perkuat Tim Indonesia di Uzbekistan, Mendra Inginkan Perguruan Silat Pulau Kelapa Dikenal di Kancah Internasional

Ketua Perguruan Silat Pulau Kelapa Cabang Bangka, Mendra Kurniawan. (foto istimewa)

SUNGAILIAT, LASPELA — Mendra Kurniawan berharap agar Perguruan Silat Pulau Kelapa dikenal di kancah internasional.

Selain itu, ia juga menginginkan agar ke-eksisan perguruan silat tersebut sama dengan perguruan silat lainnya yang sudah mapan.

“InsyaAllah kedepannya kami pun akan mempersiapkan atlet-atlet yang akan membawa nama baik Perguruan Pulau Kelapa di tingkat internasional,” kata Mendra, Rabu (9/10/2024).

Kendati demikian, kata Mendra, Perguruan Pulau Kelapa saat ini sudah bergabung di Silat Tradisi Global Network yang berpusat di Singapura, dan beranggotakan perguruan silat dari berbagai negara, termasuk Perguruan Pulau Kelapa dari Indonesia.

“Kami akan terus berupaya agar nama baik perguruan dan pembinaannya semakin dikenal oleh masyarakat, bukan hanya lokal, tapi juga nasional dan internasional,” ujarnya.

Keberhasilan pembinaan itu juga terbukti setelah salah satu muridnya, Atika Putriani akan memperkuat Tim Indonesia mengikuti pertandingan pencak silat di Bukhara, Uzbekistan pada kejuaraan 8th Asian Pencak Silat Champhionship 2024, kemudian dilanjutkan di kejuaraan World Series di Abu Dhabi.

Ia berharap capaian ini tentu menjadi motivasi bagi para atlet silat lainnya agar terus berlatih untuk meraih prestasi. (mah)