Guru di Babel Dilatih Tingkatkan Kapabilitas Menulis Karya Ilmiah, PT Timah Memang Keren!

PANGKALPINANG, LASPELA — Komitmen PT Timah untuk pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan terus digalakkan. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Timah menghadirkan program-program inovatif dalam bidang pendidikan.

Program pendidikan yang dilaksanakan PT Timah variatif, mulai dari beasiswa pendidikan, pelatihan bagi para siswa dan guru, serta mendukung sarana dan prasarana pendidikan.

Salah satu program yang dilakukan PT Timah hingga saat ini ialah program Timah mengajar yang merupakan upaya untuk meningkatkan Literasi Guru yang dilaksanakan sejak tahun 2022 silam. Program ini dirancang untuk meningkatkan kapabalitas guru dalam hal penulisan karya ilmiah.

Program Timah Mengajar ini dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau. Sebanyak 110 guru telah mengikuti program Literasi ini.

PT Timah berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kantor Bahasa Bangka Belitung dan Komunitas Literasi Sekawan berupaya untuk memberikan edukasi tentang penulisan karya ilmiah sehingga nantinya bisa ditularkan kepada para siswa.

Penulisan karya ilmiah memiliki banyak manfaat bagi guru, seperti mengembangkan profesionalisme, meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan dunia pendidikan, dan mengembangkan cakrawala pengetahuan.

Kedepannya, para guru yang telah mengikuti program literasi guru ini diharapkan dapat menjadi lebih kritis dan terbiasa berpikir sistematis sehingga dapat diaplikasikan terhadap pembelajaran siswa.

Para guru yang memiliki pemahaman yang benar berkaitan dengan penulisan karya tulis ilmiah, khususnya dalam membumikan literasi melalui karya yang dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik.

Melalui program Timah Mengajar diharapkan dapat membantu pemenuhan pengembangan kompetensi pada pengelolaan kinerja bagi para guru yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika disyaratkan untuk poin tertentu dalam jenjang kenaikan pangkat/golongan.

Salah satu guru yang pernah mengikuti program Literasi Guru PT Timah, Marini guru SDN 4 Kelapa Kampit Belitung Timur mengatakan program Timah Mengajar ini sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan potensi guru dalam hal penulisan.

“Manfaat yang saya rasakan yakni peningkatan kompetensi terutama dalam hal literasi. Lalu kita juga mendapatkan teman-teman baru sehingga bisa saling berkolaborasi untuk menggiatkan literasi,” katanya.

Kedepan, dirinya berencana untuk membuat program literasi di sekolah mereka yang berkolaborasi dengan guru dan kepala sekolah.

Marini berharap, PT Timah dapat terus mendukung pendidikan agar bisa mewujudkan sumber daya manusia yang unggul agar nantinya dapat mengelola sumber daya timah di Babel dengan bijaksana dan ramah lingkungan.

Senada, dengan disampaikan Asinah Guru TK Negeri Pembina Manggar yang mengapresiasi pelatihan ini. Menurutnya, banyak wawasan baru yang didapatkannya terkait pengembangan literasi.

“Kedepan kami akan menularkan apa yang kami dapatkan dari pelatihan ini kepada guru-guru lainnya agar semakin giat menulis terutama menulis artikel dan karya ilmiah populer,” sebutnya.(**)

Sumber : www.timah.com