banner 728x90

Sudah Diatur Undang-undang, Bawaslu Bangka Minta PKD Tak Takut Jalankan Tugas Kepengawasan

Ketua Bawaslu Bangka, Sugesti, usai Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024, di Halaman Gedung Sepintu Sedulang, Selasa (24/9/2024).
banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

SUNGAILIAT, LASPELA — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka, Sugesti meminta Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD) agar tidak takut dalam menjalankan tugas-tugas kepengawasannya.

Karena menurutnya, dalam menjalankan tugas tersebut PKD dilindungi oleh Undang-undang.

banner 325x300

“Saya tegaskan, jangan pernah takut dalam melaksanakan tugas anda sebagi pengawas Pemilu. Sebab anda melaksanakan perintah berdasarkan Undang-undang,” tegas Sugesti, Selasa (24/9/2024).

Hal penting lainnya, Sugesti juga meminta agar PKD terus memperkuat sinergitas antar lembaga. Pun termasuk pihak kepolisian dan instansi terkait lainnya.

Sehingga pengawasan, pengamanan dan penindakan dapat dilakukan secara tepat dan cepat.

“Mari kita kawal terselenggaranya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka agar berjalan selaras dengan azas pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil sesuai perundang-undangan yang berlaku,” bebernya.

Sugesti menyebutkan bahwa untuk Panwascam sendiri terdiri dari tiga orang pengawas dengan total 24 orang se-kabupaten Bangka.

Sementara untuk pengawas di kelurahan/ desa (PKD) masing-masing satu orang, dengan jumlah 81 orang.

“Proses yang saat ini sedang berlangsung adalah rekrutmen untuk pengawas yang akan ditugaskan di seluruh tempat pemungutan suara (PTPS),” tukasnya. (mah)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version