PON Aceh-Sumut Ditutup, Babel Bawa Pulang 3 Emas, 2 Perak, 6 Perunggu

Malam penutupan PON XXI Aceh-Sumut. Foto : Diskominfo Babel

PANGKALPINANG, LASPELA — Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024, Jumat malam (20/9/2024) resmi ditutup. Closing ceremony berlangsung di Stadion Utama Sport Center, Deli Serdang, Sumut.

Gelar juara PON 2024 diraih Provinsi Jawa Barat dengan raihan medali 195 emas, 163 perak, dan 182 perunggu. Jabar mengungguli DKI Jakarta yang berada di peringkat kedua dengan 184 emas, 150 perak, dan 145 perunggu.

Sementara Bangka Belitung (Babel) harus puas duduk di peringkat 29 dengan perolehan medali 3 emas, 2 perak dan 6 perunggu. Ada peningkatan dari PON Papua dengan 1 emas dan PON Riau dengan 2 emas. Penjabat Gubernur Babel Sugito yang hadir di penutupan PON Aceh-Sumut, memberikan apresiasi terhadap perjuangan kontingen atlet Babel

Dan ke depan, Pemprov Babel akan berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada atlet melalui program pelatihan yang lebih baik, akses fasilitas olahraga yang memadai, serta dukungan untuk pengembangan karier atlet.

Setelah PON ini selesai, Sugito juga berharap hasil yang telah diraih oleh para atlet akan menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi selanjutnya untuk berprestasi di bidang olahraga.

“Kami berharap keberhasilan yang diraih saat ini dapat memacu lebih banyak anak muda untuk aktif berolahraga dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga, sehingga menciptakan budaya olahraga yang kuat di tengah masyarakat,” harap Sugito.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian kita ini, mulai dari atlet, pelatih, hingga para relawan. Doa dan dukungan seluruh masyarakat Babel akan selalu menyertai perjalanan olahraga kita ke depan,” imbuhnya.(**/mja)