Calon Anggota DPRD Babel Gladi Bersih Jelang Pelantikan

DPRD Babel saat menggelar Gladi Bersih Anggota DPRD Babel periode 2024-2029, di gedung DPRD Babel, Jumat (20/9/2024)

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekretaris DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan Gladi Bersih Anggota DPRD Babe periode 2024-2029.

Prosesi gladi bersih menjadi bagian dari persiapan terakhir sebelum pelantikan resmi dan mengucapan sumpah janji yang dijadwalkan pada Selasa 24 September 2024 mendatang di ruang Paripurna DPRD Babel.

Prosesi gladi bersih dipandu langsung oleh Plt Sekwan, Dedy Apriandy dan berjalan lancar.

Dalam kesempatan ini, Dedy mengatakan pihaknya sejauh ini sudah melakukan persiapan guna kelancaran pergelaran pelantikan pekan depan.

“Jadi memang untuk persiapan pelantikan anggota (DPRD) terpilih tahun 2024-2029 kita sudah siapkan, untuk segala sesuatu mulai dari tempat, susunan acara dan persiapan anggota yang akan dilantik,” ujarnya kepada awak media, Jumat (20/9/2024).

Dalam gladi bersih tersebut, memang tidak diikuti oleh seluruh anggota DPRD terpilih, karena beberapa dari mereka tidak bisa hadir secara langsung.

“Ada beberapa anggota dewan yang tidak bisa hadir karena mereka ada agenda partai yang memang sudah terjadwal. Tapi kami sudah konfirmasi ke mereka siap mengikuti arahan pada saatnya nanti, karena menurut mereka pengalaman sudah ada dan tidak menyulitkan nanti,” ungkapnya.

Untuk tamu undangan pihaknya akan menyiapkan sebanyak 450 undangan, namun ini dibatasi mengingat kapasitas ruang paripurna terbatas.

“Dalam pelaksanaannya nanti masing-masing anggota dewan terpilih bisa mengajak empat orang masuk ke ruang rapat paripurna untuk mengikuti pelantikan dan mengucapan sumpah janji tersebut, karena kapasitas ruangan hanya menampung 450 orang,” jelasnya.

“Kita siapkan di luar, karena anggota ini akan membawa tamu, membawa konstituennya jadi ada tenda di luar, dengan audio dan televisi sehingga mereka bisa menonton secara live,” sambung Dedy.

Selain itu, Dedy menambahkan dalam pelantikan nanti pihaknya akan melibatkan beberapa pihak terkait, seperti Kepolisian untuk pengamanan, Pengadilan Tinggi dan juga Kementerian Agama.

“Jadi nanti pada pelantikan sekitar Pukul 09:00 WIB yang memimpin ketua lama (DPRD periode 2019-2024) yakni Herman Suhadi, pengambilan sumpah yakni Pengadilan Tinggi. Pengukuh sumpah kita juga berkoordinasi dengan Kementerian Agama dengan tiga Agama Islam Budha dan katolik,” terangnya.

“Harapan kita pada saat pelantikan dan mengucapan sumpah janji dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan,” tutup Dedy. (chu)