Babel Juara Dua Nasional Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik 2024

Babel Raih Juara 2 tingkat nasional pada Ajang Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik 2024 yang berlangsung di Gedung Perpusnas RI. (Foto: ist)

PANGKALPINANG, LASPELA – Kabar menggembirakan sekaligus prestasi kembali ditorehkan Bangka Belitung, Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik tahun 2024 resmi diumumkan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Jumat (20/9/2024).

Dari pelaksanaan penilaian final oleh tim juri yang berlangsung sejak 17-19 September 2024 Gedung Perpusnas RI, Perpustakaan Pelita SMKN 1 Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil menyabet Juara 2 Klaster 1 (K-1) Tingkat Nasional pada Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik tahun 2024 tersebut, dengan nilai 758,77.

Sementara untuk Juara 1 berhasil direbut Perpustakaan 17 SMAN 17 Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, dan Juara 3 jatuh kepada Perpustakaan SMAN 1 Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat, Harapan 1 SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar, Harapan 2 Perpustakaan Mutiara Ilmu SMKN 6 Pekanbaru, Harapan 3 Perpustakaan SMAN1 Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pembacaan hasil penilaian tersebut disampaikan Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik tahun 2024 Perpunas RI, Sri Sumekar.

Atas raihan prestasi yang memuaskan tersebut, Perpustakaan Pelita SMKN 1 Tanjungpandan yang turut didampingi Kepala DKPUS Babel Rakhmadi bersama Tim DKPUS Babel, berhasil membawa hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp25.000.000.

Kepala DKPUS Babel Rakhmadi mengaku bangga luar biasa prestasi yang diraih Babel di tahun 2024 ini, melalui Perpustakaan Pelita SMKN 1 Tanjungpandan.

“Kita patut besyukur atas torehan ini, karena ini prestasi luar biasa. Ini semua berkat kerja sama, kerja keras, dan kerja cerdas kita, baik dari DKPUS Provinsi, DKPUS Kabupaten Belitung, dan SMKN 1 Tanjungpandan dalam mempersiapkan lomba,” ujar Rakhmadi di Pangkalpinang, Jumat (20/9/2024)

Rakhmadi mengaku hasil yang didapat ini diluar prediksi. “Tadinya harapan kita paling tidak di posisi 3 besar. Namun hasilnya justeru di posisi 2. Terima kasih kepada teman-teman di SMKN 1 Tanjungpandan yang sudah membawa perpustakaannya berada di posisi 2 klaster 1 tingkat nasional tahun 2024,” ucap Rakhmadi.

“Ini kebanggaan buat saya, karena di hari-hari akhir masa pengabdian saya sebagai ASN yang akan purna pada akhir Oktober mendatang, Babel bisa menorehkan prestasi membanggakan. Saya berharap, ke depan dunia literasi di Babel berjalan lebih baik lagi,” harapnya. (chu)