Pemkab Basel Salurkan Bantuan Ternak ke Warga Non Muslim di Keposang Toboali

Penyerahan bantuan 70 ekor anak babi ternak kepada 2 Kelompok Ternak di Desa Keposang, Toboali beberapa hari lalu.

TOBOALI, LASPELA – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menyalurkan bantuan puluhan anak babi ternak kepada kelompok tani mandiri Desa Kaposang dan kelompok Rukun Makmur Kampung Ampera.

“Penyaluran bantuan bibit babi ternak kepada kelompok tani mandiri Desa Keposang kurang lebih sebanyak 30 ekor, dan kelompok Rukun Makmur Kampung Ampera sebanyak 40 ekor yang telah kita serahkan pada hari pekan lalu kepada warga non muslim di Kecamatan Toboali,” kata Plt Kepala DPPP Basel Risvandika, Jumat (13/9/2024) siang.

Rivandika menjelaskan bantuan yang diberikan pihaknya tersebut upaya dari pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil produktivitas para pertenak babi yang ada di wilayah Basel termasuk Toboali.

“Sehingga kebutuhan daging babi ternak bagi masyarakat non muslim dapat terpenuhi dan tercukupi,” jelasnya.

Selain itu, kata dia pihaknya akan melakukan pembinaan dan pemantauan kesehatan hewan babi ternak ya g sudah disalurkan ke kelompok ternak di Keposang.

“Kita juga akan melakukan pembinaan dan pemantauan kesehatan hewan ternak, agar bantuan bibit babi ini biasa memberikan manfaat, dan menghasilkan bibit babi yang berkualitas serta bisa tetap berkelanjutan kedepannya,” ujarnya.

Risvandika berharap, dengan bantuan 70 ekor bibit babi ternak tersebut dapat menghasilkan pembibitan babi yang memiliki kualitas super kedepanya serta akan memberikan manfaat, dan keuntungan dalam meningkatkan ekonomi masyarkat.

“Bantuan ini menjadi motivasi dan perhatian dari pemerintah daerah kepada para peternak babi di Basel, supaya usaha mereka ini terus berkembang dan lebih maju lagi kedepannya,” harapnya. (pra)