Jaga Kebersihan, DLH Pangkalpinang Terjunkan 150 Petugas Tangani Sampah di Rute Pawai

Suasana Titik Nol Kilometer dan Panggung Penghormatan seusai Pawai HUT ke-79 RI terlihat rapih dan bersih, Senin (26/8/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang mengerahkan 150 petugas kebersihan untuk menangani sampah pada rute pawai.

Hal ini dikatakan Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto, Senin (26/8/2024).

“Untuk tim yang kami kerahkan di pawai pada tahun 2024, sama dengan tahun sebelumnya kita mengerahkan 150 tim kebersihan dan ini khusus untuk penanganan pada jalur pawai,” katanya.

Kalau untuk sampah memang dibagikan dibeberapa titik namun terlebih dahulu fokus ke titik awal di Titik Nol Kilometer dan titik kumpul pertama.

“Jadi kita mulai dari situ dulu, lalu baru nanti sepanjang jalan rute, tapi paling awal dititik pertama dulu,” tuturnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan panitia penyenggara pawai untuk mengimbau kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Tolong untuk ddijaga kebersihan rute dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan juga untuk para pedagang-pedagang disitu untuk menyiapkan kantong-kantong sampah secara mandiri,” ujarnya.

Sehingga sampah pedagang yang diproduksi cepat tertangani dan para pedagang juga membantu mengambil sampah-sampah yang ada.

Untuk saat ini, pihaknya masih mau melihat terlebih dahulu volume sampahnya yang dihasilkan dihari pertama, ia mengaku untuk jumlah sampah tentu akan ada kenaikan.

“Namun kami melihat dulu berapanya, namun tentu ada kenaikan, mudah-mudahan kami pun siap untuk menangani hal ini. Intinya sinergitas kita bersama, baik dari kami, pedagang dan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan selain 150 petugas kebersihan ada 6 anggota tim lain untuk memantau di taman agar tetap bersih, nyaman dan indah.

“Kita selama ini selalu fokus pada sampah, nah kita lupa kalau taman pasca pawai itu sering rusak, jadi kali ini ada 6 anggota yang kita tugaskan untuk keliling taman,” ujarnya. (dnd).