Tagar Kawal Putusan MK Jadi Trending Topik, Gambar Peringatan Darurat Banjiri Medsos

tagar kawal putusan MK

SUNGAILIAT, LASPELA — Netizen Indonesia ramai-ramai mengunggah gambar Garuda berlatar biru bertuliskan “Peringatan Darurat”.

Tak hanya itu, pengunggah baik di platform X maupun Instagram juga mencuitkan tagar #KawalputusanMK.

Bahkan di platform X, kata kunci ‘Peringatan Darurat’ menduduki jejeran trending topik dengan menghimpun 61,6 ribu post.

Bersamaan dengan itu, tagar ‘#KawalPutusanMK’ juga merajai trending topic X dengan menghimpun 610.000 posts.

“Sangat Darurat! Semua berjalan secara terang2an dan secara ugal-ugalan Kalau bukan kita yang mempertahankan dan memperjuangkan keadilan di negara ini, siapa lagi?” tulis akun nona ani.

“Hari ini, segenap netizen di tanah air secara serentak memposting gambar ini, sebagai pesan Peringatan Darurat di berbagai Platform Media Sosial,” timpal akun Lambe Waras.

Bahkan, gambar tersebut juga diunggah oleh salah satu musisi terkenal tanah air, Fiersa Besari, yang menggunggah dengan caption-nya “Diacak-acak terang-terangan”

Berdasarkan beberapa sumber, unggahan ‘Peringatan Darurat’ itu merujuk pada ajakan untuk sama-sama mengawal jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Narasi yang beredar di media sosial ramai membahas soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Selasa (20/8/2024).

Kemarin, bahwa partai politik (parpol) tidak perlu memiliki kursi di DPRD untuk mengajukan calon kepala daerah.

Lalu pada hari ini, Rabu (21/8/2024), DPR memutuskan akan menggelar rapat dalam membahas revisi Undang-undang (UU) Pilkada.

Beberapa pihak merasa revisi UU Pilkada dilakukan untuk menganulir putusan MK. (mah)