KPw BI Babel Jadi Mitra Strategis dalam Membangun KUMKM Babel

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menyelenggarakan Festival KUKM 2024.

“Saya bahagia melihat festival hari ini dan begitu banyak support untuk KUMKM. Kami siap menjadi mitra strategis dalam membangun KUMKM Babel. Mari kita bangun UMKM secara bersama-sama,” kata Kepala Kantor BI Perwakilan Bangka Belitung Rommy Sariu Tamawiwy dalam sambutannya pada Festival KUKM Babel di halaman Kantor DKUKM Babel, Rabu (14/8/2024).

Dia mengatakan, festival ini terselenggarakan dengan begitu banyak support berbagai pihak dan mengangkat tema Resiliensi Koperasi UMKM sebagai pilar pemulihan ekonomi.

“Artinya, ada begitu banyak yang bisa diangkat seperti peran KUMKM dan koperasi dan UMKM menjadi unggulan bersama,” ujarnya.

Menurutnya, dinamika ekonomi yang terjadi saat ini menjadi ujian dan tantangan bagi semua. Apakah tetap bersama atau saling meninggalkan ketika kesusahan melanda atau ini menjadi pendorong untuk memperkuat sinergitas dan kolaborasi semua pihak.

“Kami mendukung UMKM untuk semakin maju. Karena ada pesan cinta disana. Sesuatu kerja tanpa cinta, kita tak punya daya apapun. Tapi dengan cinta bisa membuat kita melintasi lautan. Selain cinta ada pesan pengabdian untuk mengabdi bagi bangsa dan nengara. Mari bersama kita bangun UMKM,” ungkapnya.

Rommy menambahkan, pengembangan KUMKM membutuhkan sikap saling bekerja sama, bersinergi seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, hingga asosiasi/komunitas bahu membahu, untuk kepentingan dan tujuan yang sama yaitu mewujudkan UMKM juara dan berdaya saing.

“Dengan kerja sama, diharapkan dapat membantu pelaku KUMKM dalam memanfaatkan peluang yang ada dan mengatasi tantangan yang dihadapi sehingga KUMKM akan naik kelas dan terus menjadi tulang punggung ekonomi nasional yang kuat dan dinamis menuju bangsa yang berdaulat,” tutupnya. (chu)