Ditentukan Masing-masing Kelurahan, Iuran Mobil Sampah Pink di Kota Pangkalpinang hanya Rp 15 Ribu hingga Rp 20 Ribu Perbulan

Salah satu Mobil Sampah Pink yang sedang beroperasi, Senin (29/7/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Iuran untuk mobil sampah pink yang beroperasi di gang-gang seluruh kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang diketahui sangat terjangkau.

Iuran paling tinggi dari mobil pink ini hanya Rp20 ribu perbulan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto menuturkan jika iuran ini dimulai dari Rp15 ribu hingga Rp20 ribu perbulan, dengan operasi pengambilan sampah berjalan setiap hari bagi iuran Rp20 ribu perbulan

“Jadi setiap hari mobil pink ini beroperasi untuk mengambil sampah-sampah tersebut, tentu dengan ini memudahkan kami juga dalam pengumpulan dan pengangkutan sampah dari berbagai lokasi menuju tempat pembuangan akhir,” katanya, Senin (29/7/2024).

Penentuan tarif ini dilakukan oleh masing-masing kelurahan dan didasarkan pada volume sampah serta frekuensi pengangkutan setiap minggunya ada yang tiga kali seminggu, bahkan ada yang setiap hari.

Banyak manfaat yang ditawarkan dengan masyarakat berlangganan mobil pink, diantaranya, pengurangan sampah liar, peningkatan kesehatan masyarakat, efisiensi waktu dan tenaga serta pengurangan emisi karbon.

“Karena penangannya cepat, sehingga sampah itu tidak bertumpuk-tumpuk dan tidak menjadi sarang penyakit,” ujarnya.

Ia berharap dengan tarif yang terjangkau dan layanan yang memadai yang diberikan kebersihan kota dapat terjaga dengan lebih baik. (dnd)