Penantian Panjang 14 Tahun, Atlet Perguruan Silat Pulau Kelapa Kini Melenggang di Ajang Internasional

Atika Putriani

SUNGAILIAT, LASPELA — Ketua Perguruan Persilatan Pulau Kelapa Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan mengaku bangga atas prestasi yang dicapai oleh atlet binaannya, Atika Putriani.

Pasalnya, Atika sukses meraih medali emas di ajang Asean University Games (AUG) 2024 di Malang, Jawa Timur usai menekuk atlet silat asal Malaysia, Nur Hanisah dengan score 75-3.

“Intinya kami dari seluruh pengurus Perguruan Persilatan Pulau Kelapa Babel, khususnya Bangka bangga karena Atika sudah bermain maksimal dan hasilnya pun maskimal,” kata Mendra, Jumat (5/7/2024).

Menurutnya, keberhasilan ini juga tak lepas dari peran dewan guru dan pelatih di mana selama ini Atika bernaung, termasuk juga IPSI Babel, IPSI Bangka serta Kemenpora yang telah mempercayakan atletnya untuk ambil bagian di ajang AUG 2024 tersebut.

Selain itu, Mendra juga mengaku bahwa capaian prestasi internasional ini sudah ia tunggu selama 14 tahun yang lalu.

“Atlet perguruan pulau kelapa yang kami tunggu dan kami canangkan sudah dari 14 tahun Alhamdulillah hari ini sudah bisa mendapatkan kehormatan di ajang internasional, meskipun ini sekupnya Asean,” katanya bangga.

Atas capaian ini, pihaknya mengaku akan lebih giat dan memberikan program-program terukur kepada atlet-atlet di perguruan agar dapat kembali menyumbangkan atlet yang bisa berlaga di ajang nasional maupun internasional.

“Kami juga memohon doa karena Atika akan kembali turun di Indonesia Open 2024 sebagai ajang pemanasan menghadapi PON Aceh Sumatera Utara pada September 2024 mendatang,” pintanya.

Selain itu, Mendra yang juga anggota DPRD Bangka itu mengatakan akan menghadiri pertemuan silat akbar yang dimotori oleh Pendekar Temasek Singapura.

“Kami merupakan anggota persekutuan tersebut, dimana anggotanya kini tersebar di berbagai negara termasuk Inggris, Hawaii USA, Prancis, Singapura yang diketuai oleh mantan juara dunia era 1980-an asal Singapura, Paman Iskandar Muda. (mah)