Kalahkan Atlet Malaysia,  Atlet Pencak Silat Bangka Atika Putriani Raih Emas di Ajang Asean University Games

Atlet pencak silat Indonesia, Atika Putriani

SUNGAILIAT, LASPELA — Atlet pencak silat Indonesia, Atika Putriani berhasil meraih medali emas di ajang Asean University Games (AUG) 2024 di Malang, Jawa Timur.

Atlet asal Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung itu mengalahkan Nur Hanisa asal Malaysia di partai final dengan nilai 75-3.

Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Babel, Syarli Nopriansyah mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan atlet didiknya itu.

“Alhamdulillah kalau kita lihat hasilnya selain mendapatkan medali emas, pointnya juga cukup baik. Suatu kebanggaan bagi kami Pengprov IPSI Bangka Belitung, ini sejarah yang kita cetak menghantarkan atlet kita sebagai peraih medali emas,” kata Syarli, melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (5/7/2024).

Syarli menilai, kejuaraan yang melibatkan mahasiswa Asean itu juga sebagai persiapan bagi Atika untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh, Sumatera Utara pada September 2024 mendatang.

“Kejuaraan ini juga sebagai try out, karena Atika nanti akan turun (tanding) di Pekan Olahraga Nasional di Aceh, Sumatera Utara,” ujarnya.

Bahkan dari delapan atlet yang dipersiapkan, Atika merupakan salah satu atlet yang diandalkan untuk membawa pulang medali emas ke Bangka Belitung.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat Bangka Belitung yang telah mendoakan Atika, dan untuk perguruan Pulau Kelapa yang telah mendidik dari dulu sampai sekarang. Termasuk juga Pengkab IPSI Bangka, KONI Babel dan seluruh yang telah mensupport ini semua,” ucapnya.

Atika sendiri merupakan atlet dari Perguruan Silat Pulau Kelapa Kabupaten Bangka dan saat ini masih berstatus aktif sebagai mahasiswi di Universitas Terbuka (UT).

Bahkan dalam ajang bergengsi tersebut, Atika menjadi satu-satunya atlet yang berasal dari perguruan lokal. (mah)