Tingkatkan Pelayanan kepada Pelanggan, PLN UIW Babel Gelar Kampus Yantek di Belitung

 

BELITUNG, LASPELA – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Belitung menggelar program Kampus Pelayanan Teknik (Yantek) selama seminggu yakni dari tanggal 24 sampai dengan 30 Juni 2024 di Aula PLN UP3 Belitung Tanjung Pandan.

Kampus Yantek ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar PLN UP3 Belitung bagi petugas Yantek yang tersebar di 2 Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanjungpandan dan Manggar. Sebanyak 73 personil Yantek dan 12 personil command center antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan peningkatan kompetesi.

Manager PLN UP3 Belitung, Hariani menuturkan Kampus Yantek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta pemahaman petugas Yantek seputar Teknik Pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) dan Instruksi Kerja (IK), alat kerja dan alat ukur pada pekerjaan Yantek, serta budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Alhamdulillah, sekitar kurang lebih seminggu, petugas Yantek kami di UP3 Belutung sukses menjalani program refreshment dan upskilling melalui Kampus Yantek ini. Pelatihan ini sebagai penguatan bagi mereka dalam menjalani tugas, terutama di lapangan agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan PLN,” tutur Hariani.

Harapannya, para petugas Yantek di 2 unit ULP ini dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatih PLN yang kompeten di bidangnya selama pelatihan itu.

Sejalan dengan hal itu Assistant Manager Jaringan dan Konstruksi UP3 Belitung, Bayu Arie Wibowo menyampaikan meningkatkan kualitas pelayanan teknik PLN secara teori maupun praktek lapangan sangat penting dilakukan peningkatan kompetensi petugas Yantek.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap para petugas mendapat penyegaran kembali pengetahuan yang sudah pernah didapat serta memahami dan menguasai teknik-teknik terbaru dalam pekerjaan mereka,” ujar Bayu.

Adapun materi yang diperoleh selama masa pelatihan terdiri dari Hearty Service (pelayanan prima), Refreshing manajemen optimalisasi pelayanan teknik atau Outage Management dan Yantek Optimization (OMYO), Manajemen Material, dan Implementasi Budaya K3.

“Dalam praktek lapangan petugas dibekali materi seperti Pemeliharaan dan pengoperasian Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR), Pemeliharaan dan pengoperasian Saluran Udara Tegangan Menegah (SUTM), Pemeliharaan dan pengoperasian Gardu Distribusi serta Penampilan Sikap Sapa Senyum Salam (PS4) dalam melayani pelanggan,” tambah Bayu.

Sementara General Manager PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman menambahkan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif dan terus berkembang saat ini, sangat penting bagi PLN untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan apalagi petugas Yantek yang menjadi garda terdepan PLN yang bersentuhan langsung dengan pelanggan.

“Komitmen PLN dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan salah satunya dengan mengadakan kampus Yantek. Oleh sebab itu PLN terus memastikan bahwa setiap interaksi petugas PLN dengan pelanggan dapat memberikan pengalaman yang memuaskan dari pelanggan. Karyawan yang terampil dan terlatih dengan baik akan mampu memberikan layanan yang lebih responsif, profesional, dan ramah. Sehingga pelanggan akan memberikan respon yang positif terhadap layanan PLN,” tukas Munief.

Selain pelayanan yang prima, PLN juga terus berkomitmen petugas PLN wajib memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya secara professional dan mengutamakan keselamatan kerja, baik dari persiapan, proses pekerjaan sampai penyelesaian pekerjaan sehingga dapat pulang dalam keadaan selamat dan berkumpul kembali dengan keluarga. (ril/chu)