Sebanyak 757 Calon Mahasiswa Baru Berjuang di SMMPTN-Barat 2024

 

MERAWANG, LASPELA – Sebanyak 757 calon mahasiswa baru tahun 2024 akan mengikuti Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN)- Barat Konsorsium Badan Kerjasama (BKS) PTN Barat di Universitas Bangka Belitung (UBB).

“Dalam pelaksanaannya, di UBB sendiri akan dibagi kedalam 5 sesi dengan waktu penyelengaraan dimulai pada hari Kamis (27/06/24) dan akan berakhir pada tanggal 2 Juli nanti,” kata Rektor UBB Prof Ibrahim, Sabtu (29/6/2024).

Sementara itu, dengan telah dimulainya hari pertama ujian mandiri ini para peserta yang terdaftar sebanyak 276 peserta dibagi dalam sesi pagi dan sesi siang.

“Untuk sesi pagi peserta yang hadir berjumlah 175 calon mahasiswa baru dan sesi siang sebanyak 174 peserta yang hadir,” ujarnya.

“Dengan adanya seleksi mandiri tersebut, saya meninjau langsung ke setiap ruangan yang diikuti oleh para peserta untuk melihat kesiapan utuh terkait pelaksanaannya,” ucapnya.

Disamping itu pula, Ibrahim berupaya memastikan agar tidak adanya kendala yang akan dialami oleh para peserta ketika telah memulai ujian dan selama proses ujian.

Sementara itu, Hamsani selaku penanggungjawab lokasi menyebutkan, ujian mandiri di hari pertama ini dapat dikatakan berjalan cukup lancar tanpa adanya kendala.

“Alhamdulillah, pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat ini berjalan cukup lancar dan tanpa adanya kendala  yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Dari segi peserta, Hamsani juga menuturkan bahwa tidak ditemukannya indikasi kecurangan.

“Kita telah menerapkan POB yang telah ditetapkan dengan cukup maksimal. Selain itu, kita juga berupaya untuk melakukan pengecekan secara berlapis dan maksimal, agar ujiannya ini berjalan sesuai prosedurnya,” sebut Hamsani yang juga merupakan wakil dekan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBB tersebut.

Salah satu peserta yang mengikuti seleksi asal Kecamatan Sungai Selan, Aprilia mengatakan bahwa selama menjalani ujian tidak ditemukan kendala yang merugikan dirinya dan berjalan dengan lancar.

“Semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kendala sama sekali,” ucapnya.

Dirinya memilih UBB sebagai pilihan 1 sampai dengan pilihan ke empat dan cukup yakin bahwa akan diterima nantinya.

“Saya memilih UBB karena memang disini ada jurusan yang saya inginkan dan orang tua juga mendorong dipilihan saya tersebut. Semoga nantinya dapat lolos dan bisa kuliah tahun ini,” harapnya. (chu)