KM Sinar Jaya Bawa 9 Pemancing Mati Mesin di Perairan Rebo, Tim Rescue Kansar Pangkalpinang Diterjunkan Lakukan Evakuasi

Tim SAR saat mengevakuasi korban, Sabtu (29/6/2024) (istimewa)

SUNGAILIAT, LASPELA — KM Sinar Jaya mengalami mati mesin saat berada di perairan Rebo, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Peristiwa itu terjadi pada, Sabtu (29/6/2024) sekira pukul 04.00 WIB.

Dimana kapal yang membawa 13 orang terdiri dari 9 orang pemancing dan 4 orang ABK untuk pergi memancing, bertolak dari pelabuhan muara Pangkalbalam menuju wilayah perairan Rebo.

Namun, sekira pukul 15.30 WIB saat akan kembali ke Pelabuhan Pangkalbalam, kapal tidak dapat dihidupkan dan mengalami mati mesin.

Nahkoda kapal berusaha menghidupkan kapal tersebut namun kapal KM Sinar Jaya tidak dapat dihidupkan.

Mengetahui hal tersebut, nahkoda kapal langsung menghubungi Kansar Pangkalpinang untuk meminta bantuan evakuasi.

Menerima informasi tersebut, Kansar Pangkalpinang memberangkatkan 1 tim rescue kansar pangkalpinang yang terdiri dari Rescuer Kansar PKP dan ABK KN SAR Karna menggunakan RBB (Rigid Bouyancy Boat) untuk menuju lokasi KM Sinar Jaya yang lego jangkar di perairan rebo.

Setiba di lokasi, Tim SAR segera mengevakuasi para pemancing dari KM Sinar Jaya ke kapal RBB milik Basarnas.

Tim SAR juga turut membantu nahkoda kapal menghidupkan kapal mereka menggunakan aki cadangan yang dimiliki oleh kapal RBB Basarnas.

Kakansar Pangkalpinang, I Made Oka Astawa memastikan bahwa seluruh penumpang dan awak kapal berhasil diselamatkan.

“Seluruh korban termasuk ABK Kapal KM Sinar Jaya berhasil kita evakuasi, sementara KM Sinar Jaya yang sebelumnya mengalami mati mesin akibat aki yang lemah berhasil kita hidupkan menggunakan aki cadangan RBB 01 Kansar Pangkalpinang,” jelasnya, Sabtu (29/6/2024) malam.

Atas peristiwa ini, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang beraktivitas di perairan untuk selalu mengutamakan keselamatan.

“Apabila membutuhkan bantuan SAR, silakan menghubungi 115 agar mendapatkan fast respon terhadap pelayanan SAR,” pungkasnya. (mah)