Tidak Ada Sekolah Favorit,  DPRD Kota Pangkalpinang Minta Masyarakat Jangan Paksa Diri hingga Beli Kursi

Rio Setiady

PANGKALPINANG, LASPELA – Masyarakat Kota Pangkalpinang diminta untuk menghilangkan mindset sekolah negeri favorit yang selama ini tertanam dipikiran masyarakat, karena semua sekolah itu sama tidak ada yang lebih unggul.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang, Rio Setiady menuturkan jika sekolah negeri merupakan sekolah dari Pemerintah sehingga mempunyai kualitas pendidikan yang sama.

“Jangan sampai kita terpaku satu atau dua sekolah saja, karena semua sekolah itu sama, sekolah negeri itukan dibiayai oleh Pemerintah, guru juga dirolling setiap waktu artinya kualitas juga kurang lebih itu sama,” katanya, Selasa (25/6/2024).

Diketahui jika mindset masyarakat saat ini sekolah negeri favorit di Pangkalpinang ialah SMP 1, SMP 2, SMP 3 dan SMP 7, padahal sama saja, tidak ada yang lebih unggul diantara 10 SMP di Kota Pangkalpinang.

“Contoh ada yang bilang SMP 1 lebih bagus karena ada labnya, padahal tidak seperti itu, karena mungkin SMP 1 terlebih dahulu ada, sehingga lab ada pertama kali di SMP 1, padahal sekolah lain juga akan ada lab secara bertahap,” katanya.

Rio juga menegaskan masyarakat jangan memaksakan diri anak harus masuk ke sekolah yang dianggap lebih unggul dengan cara menyogok dan membeli kursi.

“Selama masih bisa sekolah di sekolah negeri yang lain, maka manfaatkan itu, orang tua jangan terlalu terfokus kepada sekolah favorit, tidak masalah kalau anak tidak diterima di sekolah yang dibilang unggulan karena satu dan yang lain hal, namun akan menjadi masalah kalau kita mengikuti kata orang lain,” tuturnya. (dnd)