Sudah Disetujui Kemenpan, Tahun Ini Pemkab Basel dapat Kuota 1.970 CPNS dan P3K, Berikut Rinciannya

Kabid Pengadaan, Mutasi dan Promosi Kepegawaian, Rori Windrasari Safitri

TOBOALI, LASPELA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menyetujui usulan rekrutmen ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel).

“Hal ini sesuai dengan surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Surat Nomor : B/1006/M.SM.01.00/2024 telah memberikan persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN kepada Pemkab Basel tahun anggaran tahun 2024,” kata Kepala BKPSDMD Basel, Suprayitno melalui Kabid Pengadaan, Mutasi dan Promosi Kepegawaian, Rori Windrasari Safitri, Selasa (25/6/2024) siang.

Menurut Rori, pengajuan yang telah disetujui tersebut atas arahan Bupati Basel Riza Herdavid untuk mengusulkan perubahan sebanyak 20 formasi CPNS dan PPPK sebanyak 1950, dengan total 1970 slot.

“Untuk 20 formasi CPNS dengan rincian tenaga kesehatan 1 formasi dan tenaga teknis 19 formasi, sementara untuk PPPK sebanyak 1950 dengan rincian tenaga guru sebanyak 97 formasi, tenaga kesehatan 280 formasi serta tenaga teknis sebanyak 1573 formasi,” jelas dia.

“Sebelum diusulkannya kuota atau slot hanya sebanyak 505 Formasi dengan rincian 20 formasi CPNS dan 485 formasi PPPK. Hal ini disesuaikan dengan jumlah dari sisa tenaga honorer yang telah terdata dalam database Badan Kepegawaian Negara mulai dari jenis, jumlah, serta jabatan yang diusulkan dihitung berdasarkan analisis jabatan serta beban kerja Pemkab Basel,” tambah Rori.

Tidak hanya itu, Rori juga mengungkapkan usulan dimaksud sudah dalam proses final validasi, dan masih menunggu jadwal resmi dari Panselnas terkait tahapan rekrutment.

“Pengajuan yang diajukan oleh Pemkab Basel sudah dalam proses final validasi, dan masih menunggu jadwal resmi dari Panselnas terkait untuk tahapan rekrutmentnya,” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada para calon peserta khususnya tenaga honorer agar dapat mulai mempersiapkan diri baik proses pemberkasan admnistrasi sesuai persyaratan yang nantinya diumumkan.

“Seperti persiapan mengikuti proses seleksi kompetensi yang akan dilakukan melalui sistem CAT yang pelaksanaannya nanti perpedoman kepada peraturan serta juknis dan juklak dari panselnas,” imbau Rori.

Terakhir, Rori berharap dalam proses tahapan rekrutment dapat berjalan dengan lancar, dan seluruh formasi dapat terisi secara maksimal.

“Karena ini semua demi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dalam peningkatan kapasitas organisasi serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Basel,” pungkasnya. (Pra)