Diawali dengan Kedatangan Kloter Empat, Mulai Besok Jemaah Haji Babel akan Tiba di Tanah Air

Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Firmantasi

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepulangan jemaah haji kloter empat dijadwalkan akan tiba di tanah air pada, Rabu (26/6/2024) besok.

Dengan kepulangan jemaah haji ini menandakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci telah selesai.

Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Firmantasi menuturkan, jika semua jemaah haji pada minggu ini Insha Allah semua sudah sampai di Pangkalpinang.

“Dibagi menjadi tiga kloter, kloter empat tiba besok, kloter lima pada 29 Juni dan klpter enam pada 30 Juni 2024, Alhamdulillah seluruh rangkaian ibadah haji telah selesai,” tuturnya, Selasa (25/6/2024).

Total jemaah haji yang kembali ke tanah air sebanyak 279 orang dan sebelum penjemputan keluarga, jemaah haji akan kembali diperiksa kesehatannya.

“Kalau memang nanti dinyatakan sehat, dan aman dari virus, baru kita bolehkah keluarga menjemput,” katanya.

Sementara itu, diketahui ada dua jemaah haji yang meninggal dunia.

Jemaah pertama meninggal saat di Palembang dan jemaah kedua meninggal di tanah suci saat telah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji.

“Mudah-mudahan Almarhum husnul khotimah, meninggal diwaktu yang indah yaitu waktu menunaikan ibadah haji,” ujarnya.

Ia berharap kepada para jemaah haji yang akan pulang ke Indonesia untuk menjaga kesehatannya, persiapkan fisik dan energi untuk menempuh perjalanan 9 jam.

“Kita semua mendoakan agar jemaah haji Indonesia, Kota Pangkalpinang ini mendapat predikat haji yang mabrur,” tuturnya. (dnd)