Tak Hanya Jadi Tempat Kegawatdaruratan, PSC 119 Pangkalpinang Juga Jadi Tempat Pelatihan Penanganan Bencana

Kepala Dinkes Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim

PANGKALPINANG, LASPELA – Public Safety Center (PSC) 119 Kota Pangkalpinang telah hadir sejak tahun 2023 lalu.

Dengan hadirnya PSC 119 ini mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan.

Banyak pelayanan kesehatan yang telah didapat masyarakat dengan PSC 119 ini, sehingga PSC 119 mempunyai tempat tersendiri dihati masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus Hakim menuturkan jika PSC 119 dibentuk dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Pangkalpinang.

“PSC 119 juga merupakan salah satu terobosan inovasi baru dibidang kesehatan yang dihadirkan Pemerintah Kota Pangkalpinang,” tuturnya, Senin (24/6/2024).

PSC 119 juga memberikan layanan 24 jam, dan pengguna layanan dapat menghubungi langsung kode 119 atau dapat melalui aplikasi PSC 119 Kota Pangkalpinang, sehingga apabila ada suatu kasus langsung kita respon, tidak lebih dari dua jam.

“Untuk tim yang bertugas saat ini ada 18 tenaga medis yakni tiga dokter dan sisanya perawat, bidan dan supir ambulan, dengan jumlah ini diharapkan pelayanan PSC 119 dapat berjalan lancar dan maksimal,” katanya.

Tidak hanya itu PSC 119 juga menjadi tempat pelatihan dan penanganan bencana terkait masalah kesehatan, baik banjir, kecelakaan atau kebakaran.

“Sehingga ketika dihubungi, maka Tim PSC 119 akan turun langsung ke lokasi tersebut,” ujarnya. (dnd)