Kencana Kini Hadir di Setiap Kecamatan di Pangkalpinang, Percepat Penanganan Jika Terjadi Bencana

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang menuturkan Dedy Revandi

PANGKALPINANG, LASPELA – Masyarakat Kota Pangkalpinang kini sudah tidak perlu khawatir lagi jika terjadi bencana disuatu wilayah, karena Kota Pangkalpinang sekarang punya Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) yang hadir disetiap Kecamatan di Kota Pangkalpinang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang menuturkan Dedy Revandi, jika Kencana ini adalah sebuah upaya mempercepat koordinasi penanganan wilayah.

“Kecamatan juga ada forkopimdanya seperti Polres, Polsek, Puskesmas dan Tim Rawan Bencana yang berfungsi dan bergabung di Kencana Kecamatan, sehingga untuk penanganan akan lebih cepat,” katanya, Minggu (23/6/2024).

Dalam hal ini BPBD sebagai koordinator akan menjadi jembatan pula kepada seluruh OPD-OPD terkait, seperti contohnya Dinas Sosial (Dinsos).

“Dinsos dimana mereka penyedia tenaga darurat, penyedia makanan untuk pengungsi dan lainnya, nanti kita akan berkoodinasikan dengan OPD-OPD di Pangkalpinang,” tuturnya.

Dengan Kencana menjadi perpanjangan tangan pihaknya untuk percepatan penanagan bencana yang ada di wilayah, sehingga masyarakat bisa langsung hubungi BPBD atau bisa langsung menghubungi Kelurahan dan Kecamatannya (Kencana).

Sementara saat ini, BPBD mempunya 120an personil yang akan sigap menangani bencana yang dari 120 personil dibagi 3 regu.

“Setiap regu mempunyai 25 hingga 30 personil, mereka bekerja 12 jam sehari dengan sisten shift,” ujarnya.

Sementara itu, Deklarasi Kencana juga sudah dilakukan Pemerintah Kota Pangkalpinang pada Kamis lalu, Deklarasi Kencana dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego. (dnd)