Jerry Sambuaga: Kemendag Siap Bantu Pelaku UMKM Babel Go Export

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan siap membantu para pelaku UMKM khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk go export.

Hal ini ia katakan saat melakukan kunjungan kerja ke UMKM produsen Fish Snack (Getas) Duo Ayu Sehati di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (23/6/2024).

“Kita siap memberikan dukungan dan membantu para UMKM di Babel ini untuk lebih di kenal lagi di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya kepada awak media.

Dia mengatakan, saat ini ada 46 perwakilan dagang di luar negeri, baik Atase Perdagangan maupun ITPC yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk lokal di luar negeri.

“Untuk membantu UMKM go export, Kemendag juga memiliki program pelatihan ekspor yang ditujukan bagi pelaku UMKM untuk dilatih dalam pengemasan produk, hingga dicarikan buyernya di luar negeri,” katanya.

Wamendag juga menyampaikan apresiasi atas peran pemerintah daerah dan anggota DPR RI dalam mendukung program Kemendag dalam memajukan UMKM untuk go export.

“Saya mengajak para pelaku UMKM di Bangka Belitung untuk bisa melakukan ekspor. UMKM di Babel memiliki kearifan lokal dan orientasinya tidak hanya nasional, tetapi juga ekspor,” ajaknya.

Turut serta dalam kunjungan ini yaitu Anggota DPR RI Komisi VII, Bambang Patijaya serta perwakilan Dinas Perindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (chu)