KPU Babel Luncurkan Jingle dan Maskot sebagai Tahapan Pilkada Serentak 2024

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) secara resmi melakukan peluncuran tahapan pilkada serentak 2024, Sabtu (14/6/2024) malam di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang.

Pada peluncuran itu, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan launching Jingle “Bangka Belitung Memilih” dan Maskot “Si Surong atau Transportasi tradisional Bangka Belitung” yang artinya Suara Partisipasi Masyarakat Bangka Belitung, yang akan digunakan pada pilkada 2024.

Ketua KPU Babel Husin menyampaikan, kegiatan peluncuran ini diselenggarakan sebagai bentuk kesiapan untuk menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak di Babel yakni memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Peluncuran ini adalah untuk kepentingan semua masyarakat Babel dalam pemilihan serentak pilkada nanti. Dan sengaja mengundang bapak ibu ke sini, untuk memastikan kami siap melaksanakan semua tahapan pilkada 2024,” ujar Husin.

Dia menjelaskan, sebagai penyelenggara pihaknya memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan pada 27 November 2024 mendatang merupakan momen penting untuk memilih kepala daerah masing-masing.

“Untuk memilih gubernur, bupati-wakil bupati atau wali kota-wakil wali kota masing-masing agar menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” harapnya.

Husin juga mengajak ribuan masyarakat Babel agar bergembira namun tetap pikirkan bahwa semua masyarakat Babel yang punya hak pilih atau hak suaranya akan menentukan untuk memilih pemimpin yang berkualitas.

“Kita sengaja menghadirkan artis ibu kota Padi Rebon dan artis lokal Babel disini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat agar bersama-sama kuta bergembira, tapi tetap pikirkan hak pilih kalian pada Pilkada nanti,” ungkapnya.

Husin menambahkan, KPU Provinsi atau tujuh Kabupaten/Kota di Bangka Belitung meminta dukungan dari masyarakat untuk mensukseskan pilkada nanti.

“Kami mohon dukungan semua bapak ibu semua masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pilkada 2024,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Babel Yunan Helmi dalam sambutannya mengatakan Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati-wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota tahun 2024 secara serentak di Indonesia telah resmi di mulai.

“Kita memberikan apresiasi atas peluncuran ini. Dan ini juga sebagai ajang silaturahmi dalam mensukseskan pilkada nanti,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan Jingle dan Maskot pilkada harus menjadi tonggak untuk menggerakkan aspirasi masyarakat, sebagai moment untuk membangun konsolidasi dan demokrasi yang harmonis, jujur, bebas, adil.

“Untuk itu saya mengajak semua unsur pemda, stakeholder, tokoh agama, masyarakat, PPS serta PKK dan lainnya wajib bersama-sama mensukseskan pilkada dengan aman lancar,” tutupnya.(chu)