Sekolah Binaan SMK TSM Honda Babel Raih Juara 1 dan 2 di Ajang Kompetisi LKS SMK se-Babel

 

PANGKALPINANG, LASPELA – SMK Negeri 2 Pangkalpinang menjadi sorotan utama setelah sukses meraih juara 1 dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Provinsi Bangka Belitung, Kamis (13/6/2024).

“Pada ajang kegiatan lomba tersebut, didukung dan disupport penuh oleh PT Asia Surya Perkasa selaku Main Dealer Honda Babel mulai dari unit, perlengkapan tools service, hingga proses penjurian,” kata Manager Technical Service Honda Babel, Yoga Rakasiwi di Pangkalpinang, Jumat (14/6/2024).

Dia menyebutkan, kompetisi ini untuk mengasah karakter positif, produktif serta kreatif siswa yang digelar 11-13 April 2024, mempertandingkan 24 bidang lomba lainnya juga seperti pentas seni, job matching, hingga tersedianya job fair untuk lulusan SMK/SMA bagi yang ingin mendapatkan pekerjaan di beberapa perusahaan.

“Sebanyak 14 siswa dari 14 sekolah SMK se Bangka Belitung hadir mengikuti Lomba kompetensi Siswa (LKS). Kualitas kompetensi SMK saat ini harus dipacu dan berorientasi sesuai dengan kebutuhan di lapangan sehingga menghasilkan bagaimana sumber daya manusia yang cerdas berkualitas unggul dan kompetitif,” ujarnya.

Sebab, menurut Yoga dunia kerja saat ini sudah bergerak jauh lebih cepat, semakin sistemik serta terdigitalisasi.

“Aksi nyata Honda Babel bersinergi dalam dunia pendidikan vokasi ini adalah prioritas kami untuk bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan ke level yang lebih tinggi bagi generasi anak bangsa, sehingga harapannya akan mempercepat perkembangan ekonomi di Indonesia khususnya di Bangka Belitung,” jelasnya.

Lanjutnya, setelah melalui seleksi yang panjang, mulai dari pengujian teori, praktek meja, hingga troubleshooting, pengumuman juara pertama dihadiahkan kepada Muhammad Al Khusyairi sebagai Talenta Vokasi Menginspirasi dari SMK Negeri 2 Pangkalpinang.

“Kemudian dilanjutkan juara kedua di raih oleh Albian Muhrozak dari SMK YPN Belinyu serta Juara ketiga Andi Bustari dari SMK Negeri 1 Airgegas,” terangnya.

Yoga menambahkan, dari total 14 sekolah jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di Bangka Belitung, 5 sekolah diantaranya merupakan sekolah SMK TSM binaan Honda Babel. Dan dari 5 SMK binaan Honda Babel tersebut 2 diantaranya berhasil meraih juara 1 dan 2.

“Atas pencapaian tersebut, Honda Babel dengan bangga memberikan juara 1 hadiah utama satu unit sepeda motor Honda BeAt serta uang tunai,” tutupnya.(chu)