Lulus 100 Persen, Pelepasan Siswa YPK Air Kenanga Penuh Keharuan saat Siswa Sungkem ke Orang Tua

Para siswa Sekolah YPK Air Kenanga sungkem kepada orang tua

SUNGAILIAT, LASPELA — Berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya, salah satu tradisi YPK Air Kenanga Sungailiat dalam melepas siswanya yakni dengan acara sungkeman anak-anak kepada orangtuanya, Kamis (13/6/2024).

Suasana haru menyelimuti wajah orang tua melihat anaknya kini sudah siap melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

Pada tahun ini, siswa di sekolah tersebut 100 persen dinyatakan lulus, baik itu SD yang terdiri dari 51 siswa reguler maupun unggulan, dan juga siswa SMP sebanyak 55 siswa.

Acara pelepasan ini tambah meriah, pasalnya berbagai pertunjukan juga ditampilkan seperti barongsai, tari sambut, paduan suara dan musik angklung, senam artistik, pantomim, menyanyi solo (bahasa Indonesia, bahasa Inggris), serta tarian daerah.

Ketua Yayasan YPK Air Kenanga, Soeparno berpesan agar para siswa dapat terus semangat dalam belajar dan selalu menghormati guru di manapun berada.

“Jangan pernah putus asa untuk belajar, hormati gurumu karena jasa dan pengorbanan guru begitu besar dan tanpa guru kalian tidak akan bisa meraih semua ini,” pesannya.

“Dan jangan lelah untuk belajar, semua hal dimulai dari belajar dan pendidikan adalah salah satu sarana untuk menggapai semua itu,” tambahnya.

Pihaknya berharap acara tersebut dapat menjadi momen yang baik sehingga akan diingat oleh seluruh siswa, guru dan semua pihak yang terlibat.

“Dan acara ini merupakan suatu tanda bahwa para siswa-siswi YPK akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Senada, Kepala SD YPK Air Kenanga, Muchlis Supani juga meminta agar para siswa dapat terus semangat dalam menggapai cita-citanya.

“Karena apapun cita-cita mereka (siswa) orang tua serta guru pasti akan mendukung (sebagai fasilitator) dan semua pilihan ada ditangan mereka sendiri bukan orang lain. Jadi tetap semangat untuk anak-anak semua,” pintanya.

Pengawas Sekolah YPK Air Kenanga, Sumintarsih turut bangga lantaran siswanya lulus 100 persen.

“Ini suatu prestasi yang harus kita syukuri. Semoga kedepannya sekolah YPK bisa terus maju dan menghasilkan generasi emasnya,” harapnya. (mah)