Digelar Minggu Ini, Perayaan Dharmasanti Waisak Kabupaten Bangka akan Dipusatkan di Vihara Sinar Bakti Belinyu

Ketua Pelaksana Waisak Kabupaten Bangka, Aldi Chundra saat memimpin rapat pemantapan pelaksanaan Dharmasanti Waisak

SUNGAILIAT, LASPELA — Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Bangka bersama Penyelenggara Bimas Buddha Kemenag Kabupaten Bangka akan menggelar perayaan Dharmasanti Waisak.

Mengusung tema “Sadar Merawat Harmoni Terciptanya Hidup Bahagia”, kegiatan tersebut akan digelar pada Minggu (16/6/2024) yang akan dipusatkan di Vihara Sinar Bakti Belinyu.

“Hari ini kami membahas pemantapan pelaksanaan Dharmasanti Waisak Kabupaten Bangka. Besar harapan kami supaya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Ketua Pelaksana Waisak Kabupaten Bangka, Aldi Chundra, Rabu (12/06/2024).

Aldi mengatakan, kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk membangun kekompakan, komitmen dan persatuan umat Buddha di Kabupaten Bangka.

“Sehingga nantinya, event Waisak Kabupaten Bangka dapat diselenggarakan di setiap tahunnya secara bergantian dari Vihara satu ke Vihara yang lain,” ujarnya.

Bahkan, kata Aldi, perayaan Dharmasanti Waisak ini akan dihadiri lebih dari 1.000 umat.

Berbagai pentas seni rohani Buddha dari berbagai Majelis, Vihara dan Organisasi Keagamaan Buddha juga akan ditampilkan pada puncak perayaan nanti.

Selain itu, juga dibuka juga bazar vegetarian untuk meningkatkan UMKM Vihara-vihara se-kabupaten Bangka.

Sementara itu, Penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Bangka, Sarjono menyampaikan, perayaan Dharmasanti Waisak merupakan agenda rutin yang diselenggarakan di setiap tahunnya.

Hal ini juga untuk memaknai nilai-nilai luhur dari guru Buddha Gautama.

“Makna luhur itu sendiri yaitu memperingati kelahiran, mencapai kesempurnaan dan Maha Parinibbana atau wafatnya Buddha Gautama,” pungkasnya. (mah)