Dibuka Mulai 24 Juni Via Online dan Offline, PPDB SMP di Bangka Masih Gunakan Empat Jalur

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Bangka, Rozali.

SUNGAILIAT, LASPELA — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Ajaran (TA) 2024/2025 di Kabupaten Bangka mulai dibuka pada 24 hingga 29 Juni 2024 nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Bangka, Rozali mengatakan, pendaftaran bisa dilakukan secara online dan offline atau manual.

“Ada yang online, tetapi tidak semuanya karena ada beberapa wilayah atau sekolah yang jaringan internetnya belum memadai untuk dilakukan secara online,” kata Rozali, Rabu (12/6/2024).

Terkait pendaftaran PPDB ini, kata dia, telah dilakukan sosialisasi kepada seluruh satuan pendidikan dan juga masyarakat, yang dijadwalkan 10 hingga 15 Juni 2024.

“Sekarang sedang tahapan sosialiasi di semua jenjang pendidikan sebagai persiapan untuk pendaftaran pada pekan terakhir bulan juni,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk PPDB TA 2024/2025 masih sama seperti tahun sebelumnya menggunakan empat jalur yakni zonasi, afirmasi, mutasi dan prestasi.

“Kita melakukan antisipasi di jalur zonasi ini yang paling banyak dan biasanya membludak pendaftarnya. Namun semua tetap harus sesuai aturan yang telah ditetapkan,” tukasnya. (mah)