Sempat Vakum saat Covid, Warga Desa Kumbung Pulau Lepar Kembali Gelar Acara Adat Bueng Patong 

Pj Sekda Basel, Haris Setiawan saat ikut menyemarakkan acra adat Bueng Patong di Desa Kumbung, Pulau Lepar

LEPAR, LASPELA – Masyarakat Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) antusias mengikuti acara adat Bueng Patong, Selasa (11/6/2024).

Pj. Sekda Basel, Haris Setiawan mengapresiasi yang luar biasa kepada Kades, Pemdes dan BPD Kumbung, serta Kecamatan Lepar yang telah bahu membahu hingga terlaksana kegiatan kebudayaan ini.

“Apresiasi yang luar biasa kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan Kebudayaan ini,” kata Haris Setiawan, Selasa (11/6/2024).

Menurut Haris, Kebudayaan Bueng Patong ini adalah sebagai identitas desa Kumbung, yang telah lama kebudayaan ini selalu dilestarikan oleh para masyarakat sekitar.

“Ini merupakan suatu keragaman yang ada di Kabupaten Basel, dari banyak suku yang berbaur dengan rukun serta kekeluargaan sehingga kebudayaan Bueng Patong ini tetap terus dilestarikan oleh masyarakat dan nantinya kebudayaan ini akan terus menjadi identitas khususnya desa Kumbung,” ujarnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lebih meriah dan bisa berpotensi mendatangkan wisatawan.

“Tentunya saya berharap kegiatan ini kedepannya akan dilaksanakan dengan lebih meriah lagi, apalagi kebudayaan ini berpotensi mendatangkan wisatawan,” harapnya.

Sementara, Kades Kumbung Sutarpan mengapresiasi yang luar biasa juga kepada masyarakat yang telah hadir menyaksikan kegiatan Bueng Patong ini.

“Antusiasme yang luar biasa kepada masyarakat yang turut meramaikan kegiatan Bueng Patong ini,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kebudayaan Bueng Patong ini merupakan warisan dari para leluhur atau orang jaman dulu.

“Kegiatan adat ini bukan berarti harus wajib dilakukan tetapi hal ini harus dapat kita lestarikan sebagai suatu identitas suatu daerah desa Kumbung,” ujarnya.

Menurut dia, setiap desa di Basel memiliki kebudayaan yang berbeda – beda, begitu juga yang ada di desa Kumbung yakni Bueng Patong ini sudah menjadi suatu tradisi yang dari dulu memang sudah ada.

“Saya berharap kepada pemuda di desa Kumbung agar tidak melupakan tradisi atau kebudayaan yang menjadi ciri khas suatu daerah, karena dengan kebudayaan ini tentunya desa Kumbung ini nantinya bisa dikenal oleh dunia luar dengan keunikan serta berbagai macam kebudayaannya,” pungkasnya.

“Kebudayaan Bueng Patong ini merupakan kebudayaan warisan leluhur dan terus dilestarikan setiap satu tahun sekali, namun sempat vakum karena Covid 19 kemarin,” sambungnya.

Acara yang dilaksanakan di Pantai Ujung Gusung Desa Kumbung tersebut, dihadiri langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Basel, Haris Setiawan, Kapolsek Lepar, Perwakilan Kejari Basel, Kepala Dishub Basel, Sekretaris Dinas Pertanian Basel, Camat Lepar, Fery Edward, Kepala Desa Kumbung, Sutarpan, BPD Desa Kumbung, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta tamu undangan lainnya. (Pra)