LKS se-Babel Resmi Dibuka, Ferry Afriyanto: Tingkatkan Generasi Cerdas dan Terampil

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Dinas Pendidikan kembali menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se-Babel tahun 2024.

Bertempat di halaman kantor Gubernur Babel, pembukaan LKS SMK 2024 diresmikan oleh Plh. Penjabat Gubernur Babel, Fery Afriyanto.

Pelaksanaan LKS SMK 2024 ini akan berlangsung selama empat hari yakni, 11-14 Juni 2024. Selain perlombaan, kegiatan juga disemarakkan dengan pegelaran produk, job matching dan job fair.

Plh Pj Gubernur Babel, Fery Afriyanto mengatakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2024, sebagai langkah pemerintah provinsi menumbuhkembangkan tenaga terampil yang sesuai dengan kompentesi para siswa SMK.

“Kegiatan penting ini untuk menjadikan generasi muda yqng berkualitas dan produktif untuk kemajuan daerah ini,” katanya.

Disampaikan Fery, pihaknya menyambut baik adanya perlombaan yang bertujuan untuk menumbuh-kembangkan tenaga terampil yang sesuai dengan kompentesi para siswa SMK. Apalagi saat ini semakin banyak teknologi berkembang pesat.

“Kegiatan penting ini akan membantu meningkatkan dan mengembangkan keterampilan di kalangan anak muda, serta meningkatkan upaya kita dalam memberdayakan anak muda dengan kompetensi dan pengetahuan yang akan mendukung mereka menjadi generasi yang berkualitas dan produktif untuk kemajuan di Babel,” ujarnya.

Lanjutnya, LKS SMK se-Provinsi Kepulauan Babel dimulai 11 hingga 14 Juni 2024, tidak hanya memperlombakan hasil karya siswa tetapi juga disemarakkan dengan pegelaran produk, job matching dan job fair.

“Kami sangat menyambut baik adanya perlombaan yang bertujuan untuk menciptakan tenaga terampil. Apalagi saat ini semakin banyak teknologi berkembang pesat,” jelasnya.

Fery menjelaskan pendidikan vokasi sangat penting untuk mencapai perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan vokasi harus menjadi prioritas utama karena memberi orang lebih banyak pengetahuan dan membuat mereka menjadi lebih baik,ini akan menjadi landasan kemajuan sosial dan ekonomi.

“Kita harus meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan generasi yang cerdas, berkualitas unggul dan kompetitif untuk menyongsong revolusi industri 4.0, dengan proses seleksi yang jujur, prosedur yang baik dan juri yang benar-benar profesional. Ajang ini akan menjadi sangat berharga,” jelasnya.

Ia menilai selain sebagai ajang untuk para siswa menonjolkan kemampuannya, LKS juga sebagai wadah bagi para dunia usaha/industri untuk melihat kompetensi siswa SMK terbaik dari berbagai bidang keahlian khususnya dari tujuh kabupate dan kota di Kepulauan Babel.

“Sudah pasti para peserta LKS akan menghadapi tekanan mental yang cukup berat dalam menghadapi tantangan ini, karena untuk bisa tampil baik di ajang ini perlu mental dan karakter yang kuat, fokus, penguasaan teknis, problem solving yang tinggi dan kemahiran dalam mengatur waktu menjadi kunci utama untuk berhasil menjadi yang terbaik dalam kompetisi ini,” pesannya.

Ia berpesan seluruh peserta LKS agar menunjukan keterampilan dan karya-karya terbaik yang dimiliki. Juga, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa lulusan SMK Babel memang hebat, bisa dan siap kerja.

“Anak-anak, para peserta LKS yang hadir di sini adalah juara. Bukan hanya mereka yang akan meraih medali emas yang patut kita acungkan jempol, akan tetapi setiap yang ada di sini sudah terkualifikasi sebagai calon pekerja terbaik, karena peserta yang berhasil di sini adalah siswa-siswi SMK yang telah terbukti memiliki karakter disiplin, pekerja keras dan kepercayaan diri yang tinggi,” tutupnya.(chu)