Kelompok Tani dan UPJA di Bangka Tengah Terima Bantuan Enam Unit Traktor

 

KOBA, LASPELA– Gapoktan/Poktan dan Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa enam unit traktor yang diserahkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan bantuan tersebut bersumber dari dana APBN Kementrian Pertanian RI dan sarana produksi pertanian sumber dana APBD II Tahun Anggaran 2024.

“Bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi biaya produksi yang digunakan petani penerima manfaat,” kata Algafry, Selasa (11/6/2024).

“Pertanian merupakan sektor unggulan penggerak perekonomian Bangka Tengah, sehingga membutuhkan sarana pendukung yang memadai,” katanya.

Algafry berharap agar bantuan yang diberikan tersebut juga bisa berkontribusi dalam pengendalian inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bangka Tengah.

“Mudah-mudahan bantuan Alsintan dan sarana produksi yang diberikan dapat bermanfaat dalam usaha tani,” imbuh Algafry.

Sementara itu, Kepala DPKP Bangka Tengah, Dian Akbarini mengatakan bantuan yang diberikan dari Kementrian Pertanian RI berupa 1 unit traktor roda 4 dan 5 unit traktor roda 2.

Ia mengatakan bahwa selain alinstan, pihaknya juga menyerahkan bantuan yang bersumber dari APBD Bangka Tengah berupa bantuan pengembangan cabai merah dengan alokasi luasan seluas 2 Ha kepada 4 Gapoktan/Poktan dan bantuan pengembangan bawang merah dengan alokasi luasan luasan 5 Ha kepada 7 Gapoktan/Poktan penerima manfaat.

“Bantuan lainnya adalah kapur pertanian sebanyak 30 ton, kompos 30 ton, dan mulsa sebannyak 70 gulung,” tukasnya.

Ia mengatakan DPKP Bangka Tengah juga menyerahkan bantuan yang sumber dananya berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berupa bantuan peremajaan kelapa sawit pekebun untuk Gapoktan Mandiri Jaya Desa Teru seluas 31,7685 Ha.

“Jumlah bantuan peremajaan sebesar tiga puluh juta rupiah per hektar dengan total bantuan Rp953.055.000 juta, semoga bermanfaat,” pungkas Dian.( jon)