Dinpanpertan Bangka Pastikan Kebutuhan Sapi Kurban Tercukupi, Stok Kambing Kurang 622 ekor

Peternakan sapi di Jalan Cendrawasih, Sungailiat

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Pangan dan Pertanian (Dinpanpertan) Bangka memastikan kebutuhan hewan kurban pada 1445 H/ 2024 M tercukupi.

Dimana pada hari raya kurban tahun ini tercatat kebutuhan sapi sebanyak 1144 ekor, sedangkan kambing sebanyak 1.832 ekor.

Koordinator Kesehatan Hewan dan Persiapan Stok Hewan Kurban Dinpanpertan Bangka, Wira Juliono mengatakan, jumlah tersebut didasari oleh estimasi target tahun kemarin dengan kenaikan sebanyak 5 persen.

Sedangkan stok yang ada sekarang, untuk sapi berjumlah 1208 ekor, dan kambing sebanyak 1.210 ekor.

“Dengan jumlah yang ada tersebut, untuk hewan kurban sapi sudah surplus sebanyak 64 ekor, namun untuk kambing masih defisit atau masih kekurangan sekitar 622 ekor dari target yang ditetapkan,” katanya, Senin (11/6/2024).

Kekurangan stok kambing ini, kata Wira, akan terpenuhi pada pekan terakhir sebelum Idul adha atau dalam beberapa hari terakhir ini.

“Beberapa hari ini akan masuk kembali hewan kurban kambing untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Idul adha nanti. Kami optimis target ini akan tercukupi,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menjamin stok hewan kurban yang ada didatangkan dari lampung, Palembang dan Madura sudah melalui pemeriksaan kesehatan hewan, baik baik karantina di tingkat provinsi hingga kabupaten bangka. (mah)