Dindikbud Perkenalkan Tari Sambut Mayang Pinang, Tari Sambut Baru dari Pemkot Pangkalpinang

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Kota Pangkalpinang, Ratna Purnamasari

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang memperkenalkan tari sambut Mayang Pinang yang merupakan Tari Sambut baru dari Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Bidang Kebudayaan Dindikbud Kota Pangkalpinang.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Kota Pangkalpinang, Ratna Purnamasari menuturkan, tari sambut yang lama sudah dihakikatkan secara Individu, sehingga pihaknya membuat lagi tari sambut baru yang diperuntukkan untuk Kota Pangkalpinang.

“Tari sambut pemerintah yang baru kan harus didukung dengan segenap element yang ada di Dindikbud terutama sekolah, makanya Workhsop Tari Sambut Mayang Pinang ini digelar kepada Guru Kesenian di SD dan SMP di Kota Pangkalpinang,” ujarnya, Selasa, (11/6/2024).

Tidak hanya sekedar workshop, kegiatan ini juga sebagai pengenalan dan sosialisasi kepada masyarakat yang disampaikan pertama kali kepada guru, tentang apa maksud dari tari sambut baru ini, bukan hanya latihan gerakannya saja.

“Tapi diberikan juga pemahaman terkait latar sejarah, filosofis, pengertian-pengertian dari pola gerakan, serta apa itu latar gerakannya dan juga pada lirik lagunya, jadi semua ilmu didapat,” tuturnya.

Dengan pengenalan kepada guru ini, diharapkan guru yang telah memahami Tari Sambut Mayang Pinang dapat menjembatani antara Dindikbud kepada masyarakat, untuk memberikan informasi kepada masyarakat kenapa harus ada tari sambut baru, tentu dengan jawaban yang sama.

“Kenapa musiknya seperti itu, kenapa liriknya begitu nah jawabannya harus sama. Kami berharap Tari Sambut mayang Pinang ini benar-benar menjadi tari sambut kota Pangkalpinang dari segala element, yang awalnya dikenalkan pihak sekolah kepada anak-anak generasi bangsa dan masyarakat,” ujarnya. (dnd)