Aksi Pencurian Kotak Amal di Babar Terekam CCTV

Rekaman CCTV aksi pencurian kotak amal di Masjid Nurul Hikmah, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Foto: Istimewa.

 

MENTOK , LASPELA — Aksi dugaan pencurian kotak amal di Masjid Nurul Hikmah, Desa Belo Laut, Kecamatan Mentok, Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), oleh seorang pria berpakaian serba hitam terekam CCTV, pada Minggu (9/6/2024) sekira pukul 21.31 WIB.

Rekaman CCTV dengan durasi 3 menit 11 detik itu langsung tersebar di pesan berantai whatsapp warga setempat. Terlihat seorang pria membongkar mengangkat dan membongkar kotak amal.

Marbot Masjid Nurul Hikmah, Purnomo mengatakan, aksi itu baru diketahui pengurus masjid, setelah melihat kotak amal telah berpindah dari posisi sebelumnya.

“Kemudian kita dari pengurus masjid cek gembok sudah dalam keadaan rusak dan terbuka. Terus langsung kita cek di cctv ada orang yang tidak dikenal terekam memindahkan dan diduga merusak kotak amal tadi,” kata Purnomo, Selasa (11/6/2024) sore.

Menurut Purnomo, tidak diketahui berapa isi di dalam kotak amal, namun belum berapa lama kotak amal tersebut sudah dibuka dan dikumpulkan uangnya.

“Pas kejadian itu posisinya saya tidak tahu apakah ada isi atau tidak. Karena biasa beberapa hari itu sudah langsung dikumpulin,” ucapnya.

Ironisnya, aksi pencurian kotak amal sudah beberapa kali terjadi di Masjid Nurul Hikmah. Kasus pencurian terakhir terjadi setelah Idulfitri 2024 ini, serta kotak amal yang berada di luar juga pernah dicuri orang.

“Memang sebelumnya ada kejadian, (pencurian), waktu itu pas abis azhar. Kotak diluar juga (hilang). Sampai (saat ini) kita tidak tahu (pelaku) karena tidak terungkap dan belum ketahuan. Dari pengurus masjid belum melapor,” ujarnya. (oka)