Belajar Pengolahan Timah, Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Sriwijaya Datangi Divisi Peleburan dan Pengolahan PT Timah

 

BANGKA BARAT, LASPELA – Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah kedatangan puluhan mahasiswa Teknik Geologi Universitas Sriwijaya untuk melihat langsung proses peleburan dan pengolahan timah di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (10/6/2024).

Kehadiran 28 mahasiswa dan tiga dosen pembimbing ini ingin mengetahui proses bisnis PT Timah yang sejalan dengan program kunjungan industri (Merdeka Belajar) Company Visit PT Timah.

Kordinator Program Studi TekniGeologi Universitas Dr Ir Indarwati S.T MT mengatakan kedatangan mereka untuk belajar tentang proses pengolahan timah yang dilakukan PT Timah.

“Kami dari Universitas Teknik Geologi UNSRI berkunjung ke PT Timah, belajar tentang Timah, ingin mengetahui proses dari pemisahan biji mineral timah dan ikutannya sampai melebur menjadi batangan-batangan Timah siap untuk dijual,” jelasnya.

Kedepan, Ia berharap para mahasiswa mereka dapat menimba ilmu lebih banyak lagi dalam kunjungan ini.

“Mudah-mudahan kedepannya anak didik kami bisa KT atau TA disini, kemudian ada dari PT Timah yang berkenan untuk kuliah tamu mengisi dosen praktisi yang mengajar di Teknik Geologi Unsri,” tambah Indarwati.

Semenatara itu, Kepala Divisi Pengolahan dan Peleburan, Sofian Simangungsong menjelaskan proses pengolahan dan peleburan timah yang dilakukan PT Timah.

“Kami sangat senang, adek-adek berkunjung ke sini, kami dapat memberikan penjelasan tentang PT Timah. Tantangan kedepan PT Timah membutuhkan geologis yang andal lebih menguasai timah primer. Semoga kunjungan ini bermanfaat, menambah wawasan mahasiswa,” katanya.(ril/chu)