Penutupan Bazar HUT INTI Babel, Perputaran Ekonomi Mencapai Rp500 Juta dalam Tujuh Hari

Ketua INTI Babel, Hendy Suwandi dan Wakil Ketua INTI Babel Romandhona bersama stakeholder terkait pada malam puncak perayaan HUT ke-1 INTI Babel saat menunjukkan produk-produk UMKM di Bazar UMKM

PANGKALPINANG, LASPELA – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bangka Belitung (Babel) berjalan meriah dan penuh suka cita.

Bazar INTI Babel yang digelar selama tujuh hari di Bangka City Hotel mengundang atensi ribuan masyarakat Babel.

Wakil Ketua INTI Babel, Romandhona Setyawan mengatakan, dalam satu hari kurang lebih ada 1.500 masyarakat datang ke Bazar INTI Babel, dan membludaknya masyarakat pada bazar ini dinilainya sangat luar biasa, serta mempengaruhi ekonomi masyarakat Babel.

“Perputaran ekonomi pada Bazar INTI ini mencapai Rp500 juta dalam tujuh hari, dan itu sangat berdampak kepada masyarakat, khususnya para pelaku UMKM,” ujarnya, Sabtu (8/6/2024) malam.

Ada 125 UMKM yang menjajakan dagangannya di bazar ini, ada pula berbagai macam permainan pasar malam dan pedagang kaki lima yang ikut mencari keberkahan rezeki di Bazar INTI Babel.

Diketahui stand-stand UMKM ini pun gratis tanpa dipungut biaya.

Melihat begitu berdampak besarnya Bazar INTI Babel Romandhona ingin kegiatan ini bisa berlanjut ditahun-tahun berikutnya.

“Sebenarnya pun para pelaku UMKM menginginkan bazar ini digelar tiga bulan sekali, kami mohon doanya saja agar kegiatan ini bisa diadakan seperti itu oleh INTI Babel,” tuturnya.

Pihaknya juga sudah melakukan berbagai kegiatan sosial pada perayaan HUT INTI Babel, diantaranya pemeberian santunan kepada panti asuhan, pemberian bantuan kepada enam rumah ibadah pada enam agama, pemberian bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu dan kegiatan sosial lainnya yang berdampak positif kepada masyarakat luas.

Ia juga bertermakasih kepada media yang telah mensupport kegiatan INTI Babel, karena dengan Media dan Media Sosial dapat memberikan informasi kepada masyarakat adanya Bazar INTI Babel.

“Kontirbusi media itu juga sangat besar dan luar biasa, karena hadirnya media online dan media sosial itu sangat membantu pemberitaan kepada masyarakat banyak sehingga masyarakat tahu ada Bazar INTI Babel di Bangka City Hotel,” katanya. (dnd)