Gagal Jalur SNMPTN, Calon Mahasiswa Bisa Daftar Jalur Mandiri ke UBB

 MERAWANG, LASPELA – Universitas Bangka Belitung (UBB) menerima penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang berlangsung dari 4 Mei sampai 20 Juni 2024.

“Untuk jalur seleksi Mandiri ini kita sudah mulai dari 4 Mei lalu dan berakhir pada 20 Juni 2024 mendatang, dan daftar melakukan pendaftaran melalui website UBB,” kata Rektor UBB Prof Ibrahim kepada media ini, Jumat (7/6/2024).

Sebelumnya, UBB telah melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur prestasi dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

“Melalui jalur mandiri akan menerima sebanyak 30 persen dari total yang akan diterima sebanyak 2.650 calon mahasiswa baru UBB,” ujarnya.

Ibrahim menyebutkan, melalui jalur SNBP minimal 20 persen, sedangkan jalur SNBT minimal 40 persen serta melalui jalur mandiri maksimal 30 persen.

“Seleksi jalur ini secara bersamaan, terdiri dari 25 perguruan tinggi negeri yang ada di wilayah Barat,” ucapnya.

Dia menyampaikan, bahwa mahasiswa yang kuliah di UBB ini berasal dari 22 provinsi. Namun sebagian terbesar berasal dari Bangka Belitung.

Lanjutnya, melalui program SMMPTN wilayah Barat, calon mahasiswa bisa memilih lebih dari satu jurusan/Program studi (prodi).

“Calon mahasiswa bisa memilih sampe 4 Prodi yang berbeda, dari PTN yang sama atau berbeda dari 25 PTN yg tergabung dalam SMMPTN Barat,” jelasnya.

Namun yang penting salah satunya dipilih prodi di tempat PTN tempat dia tes. Bisa saja tes di Universitas Syah Kuala Aceh milih salah satunya di UBB, demikian sebaliknya.

“Kami mengingatkan kepada peserta calon mahasiswa untuk perhatikan jadwal dan ketentuan-ketentuan yang ada,” tuturnya.

“Disamping itu calon mahasiswa untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik, sehingga mudah-mudahan dapat lolos atau diterima di PTN yang dipilihnya,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, bahwa saat melalui jalur SNBP dan SNBT pilihan calon mahasiswa terbanyak Manajemen dan yang terketat di Prodi Kedokteran. Untuk di Kedokteran ini memiliki persaingan paling tinggi.

“Untuk di Kedokteran masuk tahun ke 2. Dimana pada tahun pertama ada sebanyak 32 mahasiswa, dan untuk tahun ke 2 ini, UBB akan menerima sebanyak 40 calon mahasiswa,” terangnya.

Selain itu, sudah sejak beberapa tahun terakhir, termasuk tahap ini di UBB tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“UKT mahasiswa ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua, dan kriteria lainnya,” tutupnya.(chu)