Harga Bahan Pangan di Pasar Tradisional Mentok Mulai Turun

Stok bahan pangan di Pasar Tradisional Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

 

MENTOK, LASPELA — Jelang perayaan Iduladha tahun 2024, harga sejumlah bahan pangan di Pasar Tradisional Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami penurunan.

Salah satu pedagang, Joni mengatakan penurunan harga bawang merah dan bawang bombai sudah terjadi sejak satu pekan terakhir dan lumayan signifikan.

“Hari ini banyak (harga) yang turun, seperti bawang merah dari sebelumnya 50 ribu per kilogram ke 45 ribu, bawang putih 40 normal. Kalau bawang bombai 45 sekarang, turun karena kemarin-kemarin sempat mahal 60 per kilogram,” katanya, Rabu (5/6/2024).

Joni menambahkan, penurunan harga juga terjadi pada cabai rawit merah yang hanya dibanderol 60 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan harga cabai besar juga berada di harga 60 ribu rupiah per kilogram yang sebelumnya menyentuh harga 70 ribu per kilogram.

“Turun semua, belum ada yang naik. Biasanya barang-barang ini mulai naik satu minggu sebelum lebaran nanti,” ucapnya.

Kendati harga sejumlah komoditas relatif stabil, Joni mengatakan daya beli masyarakat di Pasar Tradisional Mentok mengalami penurunan dalam kurun beberapa waktu terakhir.

“Kalau daya beli sepi lah, sudah beberapa waktu terakhir ini. Mungkin penyebabnya terimbas perekonomian yang ikut lesu,” ujarnya. (oka)