Inovasi Kemanusiaan, Pemkab Bangka Selatan Launching ATM Beras untuk Masyarakat Kurang Mampu

Bupati dan wakil bupati Basel, Riza Herdavid - Debby Vita Dewi saat launching ATM Beras di Toboali

TOBOALI, LASPELA – Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bersama Wakil Bupati, Debby Vita Dewi melaunching inovasi kemanusiaan yakni ATM Beras di Kantor Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Senin (3/6/2024).

Bupati Riza mengatakan, inovasi ATM Beras ini dapat membantu masyarakat Bangka Selatan yang kurang mampu.

“Saya harap ini sebuah inovasi yang memang memperhatikan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan terutama masyarakat yang kurang mampu, makanya lembaga-lembaga dan dinas dinas yang ada di Bangka Selatan saya harap terus melakukan inovasi yang pro rakyat,” kata Riza.

Riza juga menyebutkan inovasi ATM Beras jangan hanya sekedar acara seremonial saja. Ia pun meminta kepada pihak terkait untuk terus mengontrol dan mengawasinya.

“Yang jelas tujuan ATM Beras ini bagaimana masyarakat yang kurang mampu bisa terbantukan dengan adanya ATM beras ini dan saya mohon ini jangan cuma jadi acara seremonial saja. Terus dipantau jangan sampai kosong, saya minta pihak yang bertanggung jawab terhadap ATM Beras ini terus mengontrol dan mengawasinya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Baznas Bangka Selatan, Bahori Muslim mengatakan inovasi ATM beras ini berkerja sama dengan Bank Sumsel Babel yang merupakan inovasi dan diinisiasi dari Bupati Riza Herdavid.

“Hari ini Baznas Bangka Selatan berkerjasama dengan Bank Sumsel Babel lauching ATM Beras yang merupakan inovasi yang diinisiasi atau ide dari Bapak Bupati, jadi teknisnya Baznas Bangka Selatan yang provide mesinnya saja sedangkan yang ngisi berasnya nanti CSR dari Bank Sumsel Babel,” sebutnya.

Ia pun menyebutkan, ATM beras ini tidak hanya jadi acara seremonial saja namun dapat terus berlanjut sehingga masyarakat dapat terbantu karena bisa diakses setiap waktu.

“Untuk awal ini, sementara penerima kartu ATM Beras ini sebanyak 20 orang dengan jatah 10 kg beras dalam sebulan dan nantinya penerimanya ini akan ditambah lagi.

Untuk itu, ia berharap inovasi ini bukan hanya launching saja, namun harus berjalan sesuai harapan bersama guna memudahkan masyarakat mendapatkan beras.

Kami juga berharap jangan sampai inovasi ini hanya cuma Launching saja, tapi harus terus berlanjut karena niat kita adalah untuk memudahkan dan membantu masyarakat karena bisa di akses setiap waktu,” harapnya.

Turut hadir pada launching tersebut, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Toboali Edward Octavidi, Kepala Baznas Kabupaten Bangka Selatan Buhari Muslim, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Haris Setiawan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Camat Toboali Mustaqim serta tamu undangan. (Pra)