Hadapi Kemungkinan Bencana, BPBD Kota Pangkalpinang Perkuat Strategi Penanganan dengan OPD Terkait

Suasana hujan di Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang akan terus intens dalam menjalin sinergitas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pangkalpinang, untuk perkuat strategi penanganan untuk antisipasi kemungkinan adanya bencana alam terkait cuaca ekstrem dan hujan dadakan.

Penguatan sinergitas ini melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR dan Satpol PP.

“Komunikasi persiapan menghadapi bencana memang sudah sejak lama kami sinergikan dengan beberapa OPD ini, namun memang sampai saat ini belum ada laporan terkait bencana, hanya ada beberapa genangan dan setelah hujan reda genangan surut kembali,” ujar Kepala Bidang (Kabid) P2K BPBD Kota Pangkalpinang Nur Ikhsan, Selasa (4/6/2024).

Namun sinergitas memang harus dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi saat bencana, karena untuk mengatasi hal ini memang diperlukan keterlibatan beberapa pihak. Terutama untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang atau puting beliung.

“Seperti beberapa hari kemarin intensitas hujan cukup intens terjadi, meskipun sebenarnya ini sudah masuk musim panas. Untuk itu kami imbau masyarakat untuk terus waspada dengan kemungkinan cuaca ekstrem yang terjadi,” tuturnya. (dnd)